Nur Alam : Saya Siap Melantik Bupati Tiga DOB 22 Mei – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Nur Alam : Saya Siap Melantik Bupati Tiga DOB 22 Mei

Nur Alam

kendaripos.fajar.co.id — Gubernur Sultra, Nur Alam sudah siap melantik tiga bupati daerah otonomi baru (DOB), 22 Mei mendatang. Dia sudah dapat instruksi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) soal itu. “Sangat penting tiga daerah ini segera punya bupati definitif. Saya siap lantik 22 Mei nanti,” kata Nur Alam, Senin (15/5).

Mantan Ketua DPW PAN Sultra menilai, tiga DOB memang harus secepatnya dipimpin bupati definitif supaya penyelenggaraan pemerintahan lebih efektif. Soalnya, kalau masih dipimpin Pj Bupati, kewenangannya terbatas. “Sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat, saya siap lantik tiga bupati terpilih,” ulangnya menegaskan.

Tiga DOB yang akan segera punya bupati definitif adalah Muna Barat, Buton Tengah dan Buton Selatan. Kepala Biro Pemerintah Pemprov Sultra, Laode Ali Akbar membenarkan hal itu. Kata dia, hampir pasti 22 Mei itu akan digelar pelantikan di kantor gubernur Sultra. “Sesuai jadwal seperti itu,” ujarnya, kemarin.

Pelaksana Jabatan (Pj) Bupati Buton Tengah itu menambahkan, rencana pelantikan itu juga sudah dilaporkan ke gubernur sesuai dengan instruksi kementrian dalam negeri. Nur Alam juga sudah mengkonfirmasi kesiapnnya kata dia. “Iya sudah (komunikasi dengan gubernur-red),” katanya.

Lebih lanjut Ali Akbar menjelaskan, saat ini pihaknya tinggal menunggu SK resmi para bupati terpilih itu. Dokumen itu tengah dijemput di Kemendagri oleh Kepala Bagian Otonomi Daerah Biro Pemerintah, Tomi Indra. “Saya sudah minta bersangkutan (Tomi,red) berangkat untuk ambil SK nya, apakah sudah selesai atau belum. Kami tinggal menunggu itu saja,” jelasnya.

Sementara itu, status para Pj Bupati akan gugur dengan sendirinya di hari yang sama dengan pelantikan nanti. Mereka dianggap tak lagi punya wewenang sebagi PJ Bupati. Itu artinya, Rony Yakob untuk Mubar, Ilah Ladamay untuk Busel dan dirinya sendiri sebagai PJ Bupati Buteng langsung menanggalkan jabatannya. “Tidak pakai surat pemberhentian lagi, otomatis langsung berakhir,” tambahnya.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top