Pariwara
Kolaka

Pasca Penambangan Emas di Kolaka, TWA Mangolo Dihijaukan

Suasana lokasi penemuan tambang emas pertama.

kendaripos.fajar.co.id — Untuk membenahi Taman Wisata Alam (TWA) Mangolo pasca penghentian aktivitas pendulangan emas pekan lalu, Pemkab Kolaka berencana melakukan penghijauan. Lahan sekira dua hektar yang rusak akibat penambangan emas secara manual oleh warga tersebut akan ditanami pohon.

“Kami akan melakukan koordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sultra untuk menanam seribu pohon di lokasi itu. Rencananya, kami akan lakukan sebelum ramadan atau akhir Mei,” kata Arifin Jamal, Kabag Pemerintahan Setkab Kolaka.

Mantan Camat Latambaga itu menambahkan, setelah dilakukan penghijauan, pengawasan terhadap aktivitas di dalam kawasan nantinya akan tetap dilakukan. Untuk itu, ia mengimbau kepada warga agar tidak lagi melakukan penambangan emas di lokasi terlarang itu. “Kalau sudah kita tanami pohon, kawasan itu akan tetap dijaga. Dan apabila didapati warga yang masih menambang emas, maka akan kami tindak,” ancamnya.

Arifin menambahkan, warga yang kedapatan masih menambang di kawasan TWA Mangolo dapat dikenakan sanksi pidana. “Jadi kalau ditangkap, maka ia bisa dipenjara minimal tiga tahun dan denda dikenakan paling banyak Rp 10 miliar. Itu aturan berdasarkan undang-undang Nomor 18 Tahun 2013,” pungkasnya. (c/fad)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/kendaripos/public_html/wp-includes/functions.php on line 3729