Jangan Biarkan Deklarasi Minahasa Raya Merdeka – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Nasional

Jangan Biarkan Deklarasi Minahasa Raya Merdeka

kendaripos.fajar.co.id, JAKARTA — Pemerintah harus segera melakukan penanggulangan baik lewat langkah persuasif maupun secara tegas, terhadap kelompok yang secara nyata ingin memisahkan diri dari pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pasalnya, NKRI merupakan harga mati. Selain itu, kelompok yang menggelorakan ajakan merdeka seperti Minahasa Raya Merdeka, diyakini bukan murni berasal dari orang-orang yang selama ini mendesak adanya keadilan hukum bagi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

BACA JUGA :  Dibilang Ngambek oleh Ahok, Ini Balasan Ketua DPRD DKI

“Terhadap kelompok yang nyata-nyata ingin memerdekakan diri harus segera ditindak,” ujar Pengamat Politik Hendri Satrio kepada JPNN, Senin (15/5).

Menurut pengajar Ilmu Komunikasi di Universitas Paramadina ini, Presiden Joko Widodo sebetulnya memiliki resep yang ampuh menanggulangi ancaman disintegrasi.‎ Namun sayang, implementasinya selama ini terkesan tidak berjalan dengan baik.

“Presiden pernah menjanjikan saat kampanye lewat nawacita poin sembilan yang katanya bicara tentang rekonstruksi sosial dan kebhinekaan. Tapi entah sampai di mana implementasinya di lapangan,” ucap Hendri.

BACA JUGA :  Pengamat ini Bilang, dari Segi Akademis Ahok Tidak Pantas jadi Gubernur

Hendri juga meyakini ancaman disintegrasi dapat ditekan dengan revolusi mental yang digagas Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

“Tapi nampaknya revolusi mental dicitrakan jalan di tempat atau bahkan mungkin malah berjalan mundur teratur,” kata Hendri.

Sebelumnya, di tengah aksi sejuta lilin untuk mendukung Ahok di Manado, Rabu (10/5) lalu, bergema keinginan sebagian kalangan mendirikan Minahasa Raya Merdeka.

BACA JUGA :  Selamat Anis - Sandi, Ahok : Saya Tetap Gubernur

Gema tersebut terus berlanjut di media sosial, dengan adanya ajakan referendum Minahasa Raya Merdeka di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Senin ini.(gir/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top