Anak Muda, Ini Tips Cara Mengindari Penyakit Berbahaya – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kesehatan

Anak Muda, Ini Tips Cara Mengindari Penyakit Berbahaya

Ilustrasi.

KENDARIPOS. CO. ID — Penyakit tidak menular atau degeneratif kini semakin banyak menyerang kaum muda. Kehidupan modern dan dinamis membuat masyarakat tak memerhatikan asupan makanan hingga gaya hidup.

Penyakit katastropik seperti diabetes, hipertensi, jantung, ginjal, dan lainnya banyak merenggut nyawa usia muda.

Yayasan Jantung Indonesia mengajak masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat. Caranya dengan melakukan panca usaha sehat.

“Banyak sekarang yang tiba-tiba mati usia muda, karena tidak menjaga lifestyle. Karena itu kami untuk mencegah hal ini agar masyarakat menjalankan panca usaha sehat,” tegas Ketua Yayasan Jantung Indonesia Syahlina Zuhal, Minggu (14/5).

1. Gizi Seimbang

Gizi seimbang menjadi kunci hidup sehat. Tercukupinya karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan air membuat tubuh tidak kelebihan garam, gula, dan lemak.

2. Jauhkan Rokok

Rokok merupakan salah satu faktor risiko pemicu penyakit jantung koroner. Jauhi rokok baik aktif maupun pasif.

3. Kelola Stres

Stres selalu datang setiap hari. Tetapi bagaimana caranya seseorang mampu mengendalikan stres. Jangan terlalu memikirkan sebuah masalah sampai berlarut-larut.

4. Tekanan Darah

Di Hari Hipertensi Sedunia, masyarakat diminta untuk mengecek tekanan darahnya. Hipertensi juga salah satu pemicu atau faktor risiko penyakit jantung koroner.

5. Olahraga

Mulailah membiasakan diri dengan berolahraga. Sisipkan jalan kaki setiap hari dan banyak gerak. Masyarakat dengan gaya hidup sedentari atau banyak diam di depan gadget dan komputer cenderung tidak sehat.

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top