Jembatan Desa Baku-Baku di Konkep Hanyut Diterjang Banjir, Warga Terisolir – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Konawe Kepulauan

Jembatan Desa Baku-Baku di Konkep Hanyut Diterjang Banjir, Warga Terisolir

Jembatan di Desa Baku-Baku yang hanyut.

kendaripos.fajar.co.id — Jembatan penghubung Desa Baku-Baku dengan Desa Wawouso di Kecamatan Wawonii Selatan, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara (Sultra) ambruk diterjang banjir bandang.

Menurut keterangan salah seorang warga Desa Baku-Baku, Ridha Fadhila, jembatan dengan panjang sekitar 100 meter itu hanyut setelah sungai Wawouso meluap. “Putus total pak. Ini terjadi akibat derasnya arus yang menyeret kayu sehingga menabrak jembatan,” kata Ridha Minggu (14/5/2017).

Jembatan tersebut merupakan akses utama dengan Desa Wawouso. Kata Ridha selama belum ada perbaikan warga kembali terisolir karena jalur hanya bisa menggunakan perahu sampan. Ia Menjelaskan, Desa Baku-Baku berada di perairan Cimpedak, memiliki jembatan sejak 2009 dibangun oleh PNPM. “Sekarang kampung saya menjadi terisolir kembali,” katanya.

Jalur terputus total

Dia berharap, pemerintah segera membangun jembatan permanen yang menghubungkan dua desa itu.

Sementara itu Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Konkep, Awalluddin mengatakan, sejak musibah banjir melanda Konkep Jumat lalu, Belum ada data valid yang diterima instansinya.

“Kami belum punya data akurat. Saat ini kami buka posko di kantor BPBD Konkep,” kata Awalludin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kendari Pos, akibat hujan lebat yang mengguyur Konkep beberapa hari terakhir, sejumlah sungai meluap. Misalnya sungai Lansilowo di Kecamatan Wawonii Utara dan sungai Lampeapi Wawonii Tengah. (san)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top