Tolak Wacana Ad Hoc, Ketua KPU Sultra : Gagasan Ini Sebuah Kemunduran – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Politik

Tolak Wacana Ad Hoc, Ketua KPU Sultra : Gagasan Ini Sebuah Kemunduran

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah.

KENDARIPOS.CO.ID — Ide yang diwacanakan Pansus RUU Pemilu menjadikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai lembaga ad hoc mendapat penolakan dari KPU Sultra.  Ketua KPU Sultra, Hidayatullah menjelaskan bahwa besar harapan agar dalam RUU Pemilu kelembagaan KPU dapat diperkuat. Namun, jika ada wacana membuat status KPU Kabupaten/Kota menjadi ad hoc itu menjadi sebuah kemunduran. Gagasan tersebut juga dinilai akan membuat penyelenggaraan pemilihan semakin carut marut. “Jika dibuat ad hoc nantinya semua penyelenggara akan semena-mena,” tuturnya, saat ditemui di kantornya.

Menurut mantan ketua KNPI Sultra itu, KPU perlu mengambil keputusan-keputusan penting sehingga keberadaan komisioner yang permanen tetap diperlukan. “Bagaimana proses-proses PAW akan dilakukan. Kemudian angenda kedepan terkait pemuktahiran data juga bagaiman jika KPU itu berstatus ad hoc,” terangnya.

Pria yang karib disapa Dayat ini justru mengharapkan dalam pembahasan RUU Pemilu dapat menguatkan kelembagaan KPU menjadi lebih mandiri. “Kalau bisa kita semakin dikuatkan. Salah satu point mungkin kita dipercayakan untuk mengelola Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4), jangan dari Kemendagri lagi,” katanya.

Dayat pun mengatakan akan jauh efektif jika pengelolaan DP4 tersebut dikelola langsung oleh KPU. “Kalau bisa semua urusan kependudukan diserahkan ke KPU. Nanti dibuatkan satu deputi sendiri yang mengurusi tentang kependudukan. Saya rasa itu jauh lebih efektif, soal urusan pemilih pun akhirnya dapat dituntaskan tanpa perlu biaya banyak,” tuturnya.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top