Peras Kades, Tiga Lelaki Asal Sulsel ini Digelandang Polisi – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Peras Kades, Tiga Lelaki Asal Sulsel ini Digelandang Polisi

kendaripos.fajar.co.id WANGGUDU- Personel Polsek Asera, Konawe Utara menangkap tiga pelaku yang diduga memeras beberapa kepala desa. Mereka adalah Firdaus, Nazaruddin dan Syamsuddin. Ketiganya berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam menjalankan dugaan pemerasan, Naszaruddin mengaku sebagai anggota Polri. Berbekal ID Card lembaga Satuan Radar Bhayangkara Indonesia. Sedangkan dua rekannya, Firdaus dan Samsuddin mengaku sebagai wartawan majalah Fakta Hukum di Makassar, Sulsel. Modus operandi pemerasan yang dilakukan, ketiga pelaku mendatangi kepala desa dan bermaksud memeriksa realisasi kegiatan yang dibiayai dari Dana Desa (DD). “Penangkapan pelaku atas laporan Arsyad warga Kelurahan Asera Kecamatan Asera yang juga menjadi korban pemerasan,”ujar Kompol Muh Basir, Kapolsek Asera, Jumat (12/5) kemarin.

Berbekal laporan itu, perwira satu melati dipundak itu langsung memerintahkan anggotanya untuk mengidentifikasi keberadaan terduga kasus pemerasan. Para pelaku diketahui berada disalah satu hotel di Kelurahan Wanggudu. Ketiganya diamankan Polsek Asera sekira pukul 15.30 wita usai melancarkan aksinya.

Dari hasil penggeledahan ditemukan beberapa kartu identitas wartawan dan atribut Polri yang digunakan pelaku. Kompol Muh Basir menjelaskan pelaku diduga memeras kepala desa di Konut. Diantaranya adalah Arsyad (pelapor), mantan Plt Kepala Desa Wawolimbue. Selain dia, korban lainnya adalah Kepala Desa Longeo, Masriani. “Para pelaku dikenakan pasal 368 dan 369 KUHP juncto 55 dengan ancaman pidana sembilan tahun penjara,” tutup pengganti Kompol Seni Pabesak itu. (min/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top