Kecurangan Tiga Pilkades di Kolaka Utara Terbongkar – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka Utara

Kecurangan Tiga Pilkades di Kolaka Utara Terbongkar

kendaripos.fajar.co.id — Dugaan pelanggaran pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang baru saja tuntas digelar akhir pekan lalu di Kolaka Utara (Kolut) mulai diungkap. Pencoblosan pada  sejumlah desa itu diantaranya terjadi pada Ujung Tobaku, Alipato dan Watunohu. Jumat (12/5), massa mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Desa Ujung Tobaku Kecamatan Katoi menggelar aksi protes. Mereka melakukan unjukrasa mulai dari Tugu Kelapa dan mendatangi gedung DPRD Kolut. “Sangat banyak kecurangan yang terjadi. Kami minta dewan menyikapi hal ini,” ujar salah seorang peserta aksi.

Hal tersebut langsung direspon wakil rakyat di Kolut. Mereka diterima langsung Ketua DPRD, Musakkir Sarira. Menurut Musakkir, dalam Pilkades baru-baru ini memang menyisakan berbagai persoalan. Beberapa laporan pelanggaran yang ia terima diantaranya menyangkut pemilih yang bukan warga setempat, tidak lolos dalam ketentuan Perda namun tetap masuk sebagai calon Kades, hingga alat pencoblos yang sudah dipersiapkan namun tidak dipakai. “Kalau terkait tidak lolos syarat dalam Perda itu seandainya dia terpilih, saya sendiri yang pasti akan gugat. Beruntung dia tidak lolos,” ungkap Musakkir.

Meski demikian, bagaimanapun juga pihaknya terus berupaya bisa bersama-sama mewujudkan Kolut yang kondusif khususnya setelah pelantikan Kepala Desa nanti. “Kita harus sportif. Jika pemilihan telah usai maka segala yang menyangkut hal itu tidak ada lagi dan semuanya kembali sebagaimana semula,” pesannya.

Sebelumnya, orator massa aksi, Emil Halim mendesak DPRD agar mengklarifikasi pada panitia penyelenggara Pilkades agar bisa diadili jika terbukti curang. “Saya harap jangan dipandang sebelah mata tuntutan masyarakat karena ini menyangkut keadilan dalam berdemokrasi,” pungkasnya. (c/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top