Jembatan Ambruk, Rumah Terendam, Empat Daerah di Sultra Dikepung Banjir – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Jembatan Ambruk, Rumah Terendam, Empat Daerah di Sultra Dikepung Banjir

salah satu jjembatan yang ambruk di Konawe Kepulauan.

kendaripos.fajar.co.id — Hujan yang mengguyur Kota Kendari selama lebih dari 16 jam, sejak Kamis sore (11/5) hingga Jumat (12/5) siang kemarin berdampak sangat luas. Banjir kemudian merendam beberapa pemukiman termasuk meluap hingga ke jalan-jalan utama. Bayang-bayang musibah banjir 2013 lalu langsung menghantui warga kota, hingga banyak yang memilih langsung mengungsi.

Banjir ternyata tak hanya terjadi di Kota Kendari. Tiga kabupaten lain di Sultra juga dilaporkan mengalami musibah serupa, bahkan dengan dampak lebih parah. Di Konawe Kepulauan, ada beberapa jembatan dilaporkan ambruk karena tidak kuat menahan terjangan air sungai. Di Kabupaten Konawe Selatan juga dilaporkan demikian.

Setidaknya tiga desa yang mengalami dampak terparah. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tapi kerugian akibat rumah rusak dan sawah yang gagal panen ditaksir mencapai Rp 1,5 Miliar. Kondisi tak kalah parah juga dialami masyarakat Buton Utara. Ratusan rumah dilaporkan direndam banjir.

Di Kota Kendari, dari pantauan Kendari Pos, beberapa kawasan dan jalan-jalan utama tergenang air dengan ketinggian bervariasi. Ada yang setinggi lutut orang dewasa, bahkan sampai ke pinggang. Di Lorong La Ode Hadi, Kelurahan Bonggoeya, Wuawua misalnya, warga terlihat sibuk menyelematkan barang-barang berharga agar tidak terkena luapan air. 30 KK yang bermukim di wilayah tersebut harus memarkirkan motornya di tempat yang lebih tinggi.

Fredy (26) warga setempat mengatakan ini adalah hal biasa jika musim penghujan datang. Di tempatnya, hujan sejam saja rumahnya akan terkena banjir. “Tadi malam (Jumat dini hari) tidak ada yang tidur, bagaimana hujan dari sore sampai malam. Pukul 2.00 dini hari air sudah masuk ke dalam rumah,” paparnya.

1 of 4

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top