Hado Hasina : Kemenhub Setuju Terminal Baruga Bertipe A – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Hado Hasina : Kemenhub Setuju Terminal Baruga Bertipe A

Hado Hasina

kendaripos.fajar.co.id — Sejatinya setiap provinsi memiliki terminal antarprovinsi bertipe A. Nah, di Sultra ini belum ada satu pun terminal sekelas tipe A. Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra sudah mengusulkan ke Kemenhub terminal Baruga dan Puuwatu.

Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina mengatakan usulan itu sudah disetujui pemerintah pusat melalui Kemenhub. Kedua terminal itu memenuhi syarat bertipe A. Dua terminal itu milik Pemkot Kendari.  “Dua-duanya sudah bagus, hanya yang paling tepat rasanya itu terminal Baruga tetapi masih belum diselesaikan, karena itu yang bangun Pemkot Kendari,” ujar Hado Hasina di ruang kerjanya, Jumat (21/5).

Mantan Sekda Buton Utara itu mengaku sudah mengusulkan keduanya ke pemerintah pusat. Namun saat ditinjau langsung memang yang paling tepat adalah Baruga. Tetapi belum siap infrastrukturnya. “Pusat juga setuju di Baruga saja, tapi kan itu punyanya Kota Kendari. Harus mendapat persetujuan dari yang punya juga. Kita akan fasilitasi dan sudah saya usulkan itu statusnya,” tambah Hado Hasina.

Hado menginginkan Pemkot segera mengusulkan status terminal yang dibangun itu, agar proses persetujuan tipe bersamaan dengan proses pembangunannya. “Makanya Pemkot sendiri yang usulkan juga, supaya segera mendapat status. Selama ini terminal Baruga hanya disebut-sebut terminal tipe A tapi itu belum bisa dibilang begitu sebelum ada keputusan pemerintah pusat,” katanya.

Untuk level kabupaten dan kota hanya mengelola terminal tipe C saja. Sedangkan untuk level provinsi, terminal tipe B dan Tipe A dalam kewenangan pusat. Sebelumnya, Wali Kota Kendari, Asrun mengaku belum mengajukan penentuan tipe terminal itu karena masih fokus dengan pekerjaan fisiknya. Sebab itu dibangun dengan dana murni dari APBD kurang lebih Rp 30 miliar. Soal pengelolaannya mau diserahkan ke pusat atau tidak itu akan dipikirkan nanti. Meski begitu, Asrun tak menampik jika terminal Baruga itu memang digagas menjadi terminal tipe A. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top