Buton Utara Kekurangan 5.000 Blanko e-KTP – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Buton Utara

Buton Utara Kekurangan 5.000 Blanko e-KTP

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mendistribusikan empat ribu keping blanko e-KTP ke Kabupaten Buton Utara (Butur).  Sayangnya, jumlah  tersebut masih tak bisa menutupi kebutuhan masyarakat yang belum mengantongi kartu tanda penduduk berbasis elektrik tersebut. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat mencatat, setidaknya masih membutuhkan lima ribu blanko lagi sehingga seluruh masyarakat bisa mengantongi e-KTP.  Kendati demikian, Satuan Kerja Perangkat Daerah tersebut mengklaim, masyarakat Butur yang telah merekam identitas untuk memperoleh e-KTP  telah mencapai 99 persen. Kini, kendalanya hanya keterbatasan blanko saja.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Butur, Asri mengatakan, pendistribusiaan blanko e-KTP tahap I telah dilakukan Kemendagri. Sebanyak tujuh juta blanko didistribusikan ke seluruh  kabupaten/kota.  Sayangnya, Butur hanya kebagian empat ribu blanko saja. “Jumlah tersebut belum cukup memenuhi kebutuhan warga Butur yang belum mengantongi e-KTP. Masyarakat yang datang merekam tentunya terus bertambah karena banyak siswa SMA telah lulus dan berusia 17 tahun datang mengurus KTP nya,” ujar Asri saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (12/5).

Ia menambahkan, blanko yang didistribusikan tersebut hanya diperuntukan bagi warga yang telah merekam identitasnya tahun lalu. Untuk mereka yang  merekam tahun ini belum bisa mengantongi e-KTP, namun hanya diberikan surat keterangan. Itu bias adanya gangguan server di Kemendagri. Kendala tersebut kini masih dikonsultasikan.  “Ini tak hanya terjadi di Butur. Tetapi beberapa daerah lainnya juga.  Bagi mereka yang baru merekam tahun ini tidak bisa dilakukan finalisasi pencetakan identitasnya ke e-KTP.  Saat hendak dicetak gambar wajah tak tampak. Beda dengan tahun-tahun sebelumnya tak ada kendala apapun,” terangnya.

Alumni Universitas Halo Oleo ini menambahkan, upaya mengajak masyarakat Butur agar merekam e-KTP telah dilakukan. Pihaknya, telah bergerilya disetiap desa  memberikan layanan perekaman. “Target nasional telah kami capai. Sebangak 99 persen warga Butur telah melakukan perekaman. Hanya ada beberapa warga yang belum karena menetap di areal perkebunan dan tak mudah ditemui. Kendati begitu, himbauan agar mereka pro aktif datang mengurus kelengkapan identitas terus dilakukan,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top