Pasokan Minim Picu Kenaikan Harga Bawang Putih – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Ekonomi & Bisnis

Pasokan Minim Picu Kenaikan Harga Bawang Putih

kendaripos.fajar.co.id — Puasa masih dua minggu lagi. Namun harga bawang putih melambung tinggi dalam tiga pekan terakhir. Di beberapa pasar di Jakarta sampai kemarin (11/5) harga bawang putih berkisar Rp 60-65 ribu per kg. Pedagang menyebut hal tersebut berdampak pada sepinya pembeli dan berkurangnya volume penjualan.

”Di sini harga bawang putih kupas 54 ribu per kg. Kalau bawang putih kating 65 ribu/kg. Sudah dari beberapa waktu yang lalu naiknya,” ujar Azhar Firdaus alias Acang, 35, salah satu pedagang kebutuhan pokok di Pasar Grogol, Jakarta Barat, saat ditemui Jawa Pos (Grup Kendari Pos).

Menurut Acang harga bawang putih dalam tiga pekan ini terus merangkak naik. Dari harga normal di kisaran Rp 30-35 ribu/kg, lalu naik menjadi Rp 45-55 ribu/kg, hingga menyentuh Rp 60-65 ribu/kg. ”Itu di pasar-pasar Jakarta Utara malah udah ada yang Rp 70 ribu/kg. Paling ya alasannya karena stok (alasan harga tinggi, red),” beber Acang.

Kenaikan harga tersebut berimbas pada menurunnya penjualan para pedagang. ”Biasanya ibu rumah tangga masih ada yang beli 1kg. Tapi kalau harga tinggi gini paling banyak beli seperempat. Kecuali pedagang bakso dan makanan belinya tetap berkisar 1-5 kg, karena butuh untuk jualan,” tambah Acang.

Ketua Ikatan Pedagang Pasar Abdullah Mansuri menyatakan bahwa melambungnya harga bawang putih tersebut tak lain karena terkait pasokan. ”Bawang putih itu kan impor. Hanya 10% yang pakai dalam negeri sementara sisanya 90% impor. Karena tidak ada aturan khusus tentang perijinan impor bawang putih pedagang jadi tidak tahu itu bawang dari negara mana harga asalna berapa, jadi kami tidak bisa mengendalikan harga,” ujar Abdullah.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top