Parah ! Bulog Tak Maksimal Beli Beras Petani – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Muna

Parah ! Bulog Tak Maksimal Beli Beras Petani

kendaripos.fajar.co.id — Pemerintah telah menjamin stabilitas harga beras maupun gabah petani melalui Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog). Namun itu ternyata tidak berlaku di Kabupaten Muna. Faktor harga ditawarkan Bulog dinilai terlalu rendah oleh masyarakat, hingga berimbas pada daya serap yang kurang maksimal. Akibatnya, beras yang ada, semua impor dari Bombana, Konawe serta Kendari.

Daya serap beras di Muna yang tidak maksimal juga diakui Brigjen TNI Rahmad Pribadi selaku Ketua Tim Strategi Kementerian Pertanian Soal Beras (Sergab). Rabu (10/5) lalu ia didampingi Kolonel Inf. Rahman Said melakukan kunjungan ke daerah itu untuk melihat sejauh mana daya serap Bulog.

“Kalau mau minta bantuan di lapangan, ada jajaran Kodim Muna. Agar tugas yang diberikan pemerintah itu bisa berjalan,” sarannya.

Ia menyarankan pihak Bulog untuk tidak banyak mengimpor beras luar, melainkan mengusahakan pembelian dari petani lokal. “Kan sudah diberi uang sama pemerintah untuk beli beras di masyarakat,” sorotnya.

2017 ini, khusus di Muna, target serapan gabah dan beras mencapai 1.500 ton pertahun dan diutamakan untuk hasil lokal. Nanti jika tidak mencukupi baru didatangkan dari luar. Sementara gabah, hanya untuk cadangan.

“Semua sudah kerja sama dengan Kementan. Tapi kini, sejauh lagi pelaksanaannya yang dilakukan oleh Bulog. Sehingga, beras Muna jangan dikonsumsi sendiri,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kansilog pada  Bulog Raha, Sulamet mengaku, tak adanya daya serap akibat harga yang ditawarkan pihaknya terlalu rendah. Ia tak mau mengambil resiko dalam menaikkan harga. Apapun yang menjadi ketetapan pemerintah, itu yang diaplikasikan.

“Untuk harga gabah kering panen, Bulog sanggup membeli Rp 3.700 perkilonya sampai penggilingan. Sementara, beras sampai ke gudang Rp 7.300. Tapi masyarakat tidak mau dengan harga itu. Kami tidak berani naikkan harganya,” akunya. (c/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top