DPRD Sultra Usul Syarat Pilkades Diubah, Strata Pendidikan Minimal SMA – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Sulawesi Tenggara

DPRD Sultra Usul Syarat Pilkades Diubah, Strata Pendidikan Minimal SMA

kendaripos.fajar.co.id — Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kepala desa ikut menentukan tata kelola anggaran. Adanya oknum kepala desa yang tersandung perkara hukum dalam tata kelola Dana Desa (DD) menjadi salah satu indikator, mutu kades harus mumpuni. Semua itu berawal dari proses seleksi bakal calon saat pemilihan kepala desa (Pilkades).

Untuk itu, DPRD Sultra minta pemerintah membentuk standarisasi proses Pilkades. Sebab, fokus kebijakan pemerintah pusat dalam pengalokasian anggaran pembangunan ke desa-desa menjadi alasan. DPRD menilai pengelolaan anggaran harus dilakukan SDM mumpuni.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Sultra, Rasyid mengungkapkan bahwa satu tahun terakhir Pilkades menjadi daya tarik sendiri. Dengan alokasi DD yang tiap tahunya mengalami peningkatan menjadi pemanis dalam perebutan kursi kepala desa. “Semua sumber anggaran gelondongan ditumpah ke desa-desa dengan harapan pemerataan pembangunan dapat terwujud. Namun, dalam perjalanannya esensi Pilkades yang tadinya merupakan pertarungan gagasan atau ide untuk membangun desa kini berubah menjadi pertarungan politik dengan berbagai tunggangan,” ujar Rasyid saat dihubungi, Kamis (11/5).

Menurutnya perlu adanya perubahan dari sisi aturan dalam Pilkades. Memang dalam UU Desa, syarat untuk menjadi kepala desa itu minimal berpendidikan SMP. Namun untuk kualitas tata kelola anggaran, sebaiknya grade strata pendidikan calon kades diubah. Bukan bermaksud membandingkan kualitas pendidikan namun salah satu bentuk garansi calon memiliki kualitas yang baik adalah pendidikan formal.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top