PSU di Bombana Terkendala Dana, Kemendagri : Kalau Kurang Pemprov Harus Talangi – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Politik

PSU di Bombana Terkendala Dana, Kemendagri : Kalau Kurang Pemprov Harus Talangi

KENDARIPOSP.CO.ID — Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Bombana sudah ditetapkan KPU Bombana. Lembaga penyelenggara pemilu itu memutuskan 30 Mei sebagai pelaksanaan pilkada ronde kedua di tujuh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di eks otorita Kabupaten Buton tersebut.

Meski jadwal PSU sudah ditetapkan, namun penyelenggaraan Pilkada ulang itu masih mendapat hambatan. Sampai tadi malam (9/5), Pemkab Bombana belum memiliki anggaran untuk menghelat pilkada jilid dua itu. Pj Bupati Bombana Sitti Saleha mengungkapkan, pihaknya sangat berharap PSU Bombana bisa dilaksanakan sesuai dengan waktu yang sudah diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK).

Namun demikian, masih terdapat satu kendala untuk menyelenggarakan Pilkada ronde kedua itu. “Kami belum memiliki anggaran untuk memenuhi permintaan lembaga-lembaga yang berkompoten menyelenggarakan dan mengamankan Pilkada,” katanya. Menurut Sitti Saleha, sampai tadi malam, dana cadangan yang dimiliki Pemkab Bombana hanya sekira Rp 1 miliar. Dana ini dipastikan tidak cukup untuk menyelenggarakan PSU di tujuh TPS.

Saleha juga membantah ada anggaran cadangan sebesar Rp 6 miliar seperti yang terungkap saat rakor bersama Bawaslu, KPU dan aparat kepolisian di Kendari beberapa waktu lalu. Kadis Perindustrian dan Perdagangan Sultra inipun meluruskan hal itu. Katanya, dana Rp 6 miliar rupiah yang disebut dalam rakor bukan merupakan dana cadangan yang dimiliki Pemda Bombana, tetapi itu merupakan anggaran yang diajukan penyelenggara pilkada mulai KPU, Panwas dan Kepolisian.

“Saya sudah tanya bagian keuangan. Tidak ada yang menyatakan ada dana cadangan sebesar itu. Yang benar, uang Rp 6 miliar itu merupakan total permintaan lembaga penyelenggara pemilu termasuk keamanan, dan ini belum termasuk dari TNI,” katanya. Mengantisipasi persoalan ini, mantan Asisten III Pemda Bombana mengaku akan melayangkan surat ke Mendagri untuk menyampaikan masalah keuangan yang dihadapi Pemda Bombana untuk menghelat PSU.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top