Muslim Love Story, Oleh: Azrul Ananda – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kolom

Muslim Love Story, Oleh: Azrul Ananda

Film romantic comedy Hollywood biasanya soal bule ganteng-cantik. Tahun ini ada pergeseran hebat. Sebuah film menuai pujian besar (dan mengocok perut), tentang cinta laki-laki muslim dan perempuan bule.

***
Semoga Anda tidak terkecoh dengan judul Muslim Love Story di atas tulisan ini. Karena ini memang bukan tentang film berjudul Cinta Berkopiah atau Rembulan di Atas Masjid. Juga bukan tentang film-film Timur Tengah yang muncul di televisi. Ini seratus persen tentang film Hollywood. Dunia yang menghibur kita lewat The Avengers, Star Wars, Beauty and the Beast, dan konco-konconya. Dunia yang dalam perjalanannya menjadi ’’pencatat’’ sejarah. Minimal, indikator realitas dan emosi orang di era saat film itu keluar.

Misalnya, bagaimana semakin lama orang semakin terbiasa dan menerima dengan cara berdandan. Bagaimana orang sedunia tiba-tiba bisa punya selera sama tentang suatu hal. Karena film-film Hollywood punya kemampuan untuk terus ’’push the boundaries’’, mendorong atau mendobrak batasan-batasan yang ada di sekeliling masyarakat di seluruh dunia.

Baru-baru ini, ada film-film yang secara tidak disadari melakukan itu. Sadar tidak, kalau di film Power Rangers, ada jagoan perempuan yang LGBT di dalamnya? Tidak dibicarakan secara blak-blakan, tapi disinggung di dalamnya. Film itu juga yang pertama menampilkan superhero yang masuk kategori difabel (salah satu jagoannya juga autis).

Saya tidak bilang itu positif atau negatif, itu tergantung persepsi masing-masing orang yang melihatnya. Enaknya film Hollywood, kalau tidak suka ya sudah, mereka tidak akan membeli tiket. Tapi, kalau ternyata memang tetap banyak yang membeli tiket, itu menunjukkan kalau batasan-batasan tersebut sudah kembali bergeser.

Kekuatan komersial yang menilai dan menentukan. Bukan cuitan atau koar-koar di medsos. Nah, tidak lama lagi, akhir Juni awal Juli 2017 nanti, akan beredar (di Amerika) sebuah film lagi yang ikut mendorong batasan-batasan tersebut. Judulnya The Big Sick.

1 of 3

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top