Distribusi Guru di Muna Belum Merata, Ini Datanya… – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Muna

Distribusi Guru di Muna Belum Merata, Ini Datanya…

Ilustrasi

kendaripos.fajar.co.id — Jumlah tenaga pendidik di Kabupaten Muna dianggap masih kurang. Apalagi distribusi penugasan memang belum diatur ideal dan merata. Akibatnya, sejumlah mata pelajaran yang ada baik di tingkat Sekolah Dasar SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP), harus diisi oleh sejumlah Guru Tidak Tetap (GTT). Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Muna, La Ege mengatakan, kurangnya guru tersebut dialami oleh sekolah-sekolah pada daerah terluar.

Itu terlihat dari banyaknya jumlah tenaga pendidik yang dibiayai melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Ia merinci, untuk tingkat SDN kekurangannya mencapai 700 orang. Sementara, tingkat SMP berkisar 270 orang. “Guru kita masih kurang sekali. Masih banyak GTT. Tak hanya sekolah terpencil, dalam kota saja masih kurang seperti guru agama dan olah raga,” kata La Ege didampingi Kabid Pembinaan Ketenagaan, LM Masrul, kemarin.

Kata dia, tak ada upaya untuk mengantisipasi hal tersebut. Terkecuali, ada pengangakatan tenaga honorer menjadi CPNS. LM Masrul menimpali, terkait penggunaan jasa GTT, Ia menyebut, mutu pendidikan di Muna tidak akan berpengaruh. Sebab, honorer dituntut memiliki kualitas dalam memegang mata pelajaran tertentu. Apalagi mereka diangkat melalui hasil asesmen. Kemudian diberi tunjangan fungsional serta mendapat sertifikasi. “Honorer itu, etos kerjanya bagus. Malah lebih rajin dari PNS,” apresiasi Masrul.

Data Guru di Muna Tahun 2017 :

TK PNS : 179
Non PNS : 112
SDPNS : 1.257
Non PNS : 804
SMP PNS : 769
Non PNS : 291

PNS Tersertifikasi : 1.883
PNS Belum Tersertifikasi : 382
Non PNS Tersertifikasi : 147
Non PNS Belum Tersertifikasi : 1.060 (b/ery)

Komentar

komentar

1 Comment

1 Comment

  1. andi

    10 Mei 17 20:58 at 20:58

    Dengan adanya berita ini mungkin kondisi yang dialami oleh Guru Di MUNA. sama dengan kondisi para guru Dikolaka utara khususnya daerah terluar kecamatan porehu. salah contoh DiSMA N 1porehu. jumlah Guru sebanyak 20. yang pns 3orang Honor 17.0rang. sudah jalan 5bulam para honor belum mendapat gaji sampe sekarang…mohon kiranya yg berwenang perhati para pendidik….

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top