Ciptakan Lapangan Kerja, DPRD Muna Gagas Usaha Bata Ringan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Muna

Ciptakan Lapangan Kerja, DPRD Muna Gagas Usaha Bata Ringan

kendaripos.fajar.co.id — Upaya menciptakan lapangan kerja di Kabupaten Muna digagas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat. Salah satu yang dilirik adalah potensi tambang golongan C batu kapur untuk diolah menjadi produk batu bata ringan. Untuk mewujudkan misi tersebut, dewan bakal menggandeng salah satu pihak Perbankan yang siap memberikan modal bagi setiap kelompok usaha.

Wakil ketua DPRD Muna, LM Arwin Kadaka mengatakan, sudah ada bank bersedia memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada setiap kelompok. Hanya saja, Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak baru akan dilakukan setelah kelompok usaha terbentuk. “Setiap desa masukan kelompok. Sebagai langkah awal sebanyak 10 kelompok. Maka dibuatlah asosiasi yang akan kita ajukan ke pemodal setelah teken kerjasama,” kata LM Arwin Kadaka.

Ia merinci, setiap kelompok berjumlah minimal 20 anggota. Kemudian, perbankan akan memberikan modal perorangnya sebanyak Rp 25 juta tanpa agunan. Sehingga, satu kelompoknya bisa mengelola ratusan juta rupiah. Namun, kelompok harus memiliki batu kapur sebagai bahan baku yang nantinya diolah menjadi batu bata ringan. “Jadi memang ini peluang besar. Perbankan siap memberikan modal dan mesin cetak. Terpenting, masyarakat betul-betul mau kerja,” terangnya.

Pihaknya berharap, dengan jalannya usaha produksi ini, bisa menyejahterakan masyarakat Muna. Tentunya, sektor pendapatan juga akan bertambah. Sehingga, masyarakat tidak harus keluar daerah untuk bekerja. “Kita memang harus melihat semua aspek. Banyak potensi yang ada tapi tidak ada perhatian. Dengan adanya ini, kami yakin peluang kerja lebih besar dengan pendapatan yang lebih besar pula,” pungkasnya. (c/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top