Anggaran Pilkades di Kolaka Rp 25 Juta Tiap Desa – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kolaka

Anggaran Pilkades di Kolaka Rp 25 Juta Tiap Desa

kendaripos.fajar.co.id — Setelah digelar pada akhir 2015 lalu, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan kembali dilaksanakan di Kabupaten Kolaka. Tercatat 24 desa dari berbagai kecamatan di Bumi Mekongga itu akan menghelat Pilkades Serentak pada 22 Mei mendatang.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPM dan Pemdes) Kabupaten Kolaka, Abdullah Badi mengungkapkan, Pilkades kali ini sedikit berbeda di banding sebelumnya. Sebab jumlah desa menyelenggarakannya hanya 24 desa saja. Sedangkan sebelumnya sebanyak 56 desa. Selain dari jumlah desa, lanjut Abdullah, dana yang dibutuhkan lebih besar.

“Kalau Pilkades sebelumnya anggarannya hanya Rp 18 juta per desa, sekarang naik menjadi Rp 25 juta,” bebernya. Mantan Kabid Retribusi Dispenda Kolaka itu menjelaskan, anggaran Rp 25 juta itu bersumber dari APBD dan APBDes.

“Kalau dari APBD Rp 10 juta itu untuk honor panitia yang di desa. Sedangkan dana Rp 15 juta yang bersumber dari APBDes, digunakan untuk sewa tenda, komsumsi, pengamanan dan lain sebagainya. Peraturan menteri memang seperti itu, bahwa sumber anggaran penyelenggaraan Pilkades itu dari desa dan kabupaten,” jelasnya.

Abdullah berharap, penyelenggaraan Pilkades kali ini dapat berjalan lancar dan aman. Ia mengajak seluruh pihak untuk menyukseskan kegiatan tersebut. “Kami berharap agar seluruh masyarakat dapat menahan diri dan tidak mudah terprovokasi. Sehingga penyelenggaraan Pilkades tahun ini dapat kondusif,” katanya.

Bagi calon yang kalah dan merasa ada keganjilan, kata dia, bisa diselesaikan dengan Tim Penyelesaian Pilkades. Jika tidak dapat diselesaikan di desa, maka bisa dilaporkan. “Kami selalu siap memfasilitasinya untuk menyelesaikan persoalan tersebut,” tutupnya. (c/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top