Tak Lunasi BPIH, 63 JCH Kota Kendari Batal Berangkat ke Tanah Suci – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Metro Kendari

Tak Lunasi BPIH, 63 JCH Kota Kendari Batal Berangkat ke Tanah Suci

KENDARIPOS.CO.ID — Tenggat waktu pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap I berakhir Jumat (5/5/2017). Kantor Kemenag Agama Kota Kendari memang memberi kesempatan kepada Jemaah Calon Haji (JCH) untuk melunasi kewajiban tersebut hingga 5 Mei. Dari total JCH Kota Kendari sebanyak 712, hanya 649 jemaah yang melunasi BPIH. Sedangkan, 63 JCH terkonfirmasi tidak melunasi BPIH.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji, Kantor Agama Kota Kendari, Sunardin mengatakan calon haji yang BPIH-nya tidak terlunasi dipastikan urung batal berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, Mekkah tahun ini. Sesuai ketentuan, mereka secara otomatis dinyatakan gugur. Kesempatan beribadah ke tanah suci umat Islam bagi 63 JCH tersebut harus ditunda hingga tahun depan. “Mereka terpaksa harus menunggu hingga tahun 2018, itu pun dengan kewajiban yang sama yakni melunasi BPIH,” ujar Sunardin, Jumat (5/5) kemarin.

Dengan begitu, maka kuota 63 itu akan diisi oleh jemaah pengganti yang sesuai ketentuan. Mereka diantaranya, calon haji cadangan, calon haji lansia dan jemaah penggabungan suami istri. “Akan diganti kuota kosongnya. Yaitu dari jamaah pengganti yang nomor antrinya berurutan setelah jamaah reguler dengan ketentuan waktu pendaftaran pada 2014 kebawah,” jelas Sunardin.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top