BPS : Triwulan Pertama, Ekonomi Sultra Tumbuh 8,39 Persen – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Sulawesi Tenggara

BPS : Triwulan Pertama, Ekonomi Sultra Tumbuh 8,39 Persen

Kepala BPS Sulta, Atqo Murdiyanto.

KENDARIPOS.C0.ID–Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tenggara (Sultra) naik signifikan. Untuk triwulan I 2017 tumbuh 8,39 persen. Angka tersebut meningkat dibandingkan triwulan I 2016 hanya sebesar 5,50 persen. Hal ini berdasarkan hasil analisis yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra.

Kepala BPS Sultra, Atqo Murdiyanto mengatakan, pertumbuhan ekonomi triwulan I ini terjadi pada seluruh lapangan usaha. Sektor pertambangan dan penggalian merupakan lapangan usaha yang memiliki pertumbuhan tertinggi, yakni 17,31 persen. Lalu transportasi dan pergudangan mencapai 9,85 persen, serta konstruksi sebesar 9,56 persen. Kemudian informasi dan komunikasi 9,40 persen, industri pengolahan 7,38 persen, akomodasi dan makan minum 7,10 persen. Perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil juga sepeda motor sebesar 5,94 persen serta lapangan usaha lainnya yang andilkan dibawah 5 persen. “Ini mengalami peningkatan jika dibanding tahun sebelumnya,” ujarnya, Jumat (5/5).

Sementara dari sisi pengeluaran pertumbuhan ekonomi, lanjut dia, sebesar 8,39 persen juga terjadi pada semua komponen. Tertinggi terjadi pada komponen impor barang dan jasa sebesar 54,16 persen dan ekpor barang dan jasa 38,77 persen.

“Komponen pembentukan modal tetap bruto memiliki andil 15,04 persen, dan pengeluaran konsumsi lembaga non profit yang melayani rumah tangga 12,10 persen. Sementara pengeluaran konsumsi pemerintah 6,70 persen dan pengeluaran konsumsi rumah tangga 5,87 persen,” urainya.

Namun jika dilihat secara quartal to quartal (q to q) pertumbuhan ekonomi Sultra pada triwulan 1 2017 turun 5,63 persen dibandingkan triwulan IV 2016 yang sebesar 3,30 persen. Hampir semua sektor lapangan usaha mempengaruhi turunnya hal tersebut secara q to q. Hanya lima lapangan usaha yang mengalami peningkatan namun tidak berpengaruh secara signifikan.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top