Revitaliasi Pipa Tua, PDAM Kota Kendari Butuh Rp 80 Miliar – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Metro Kendari

Revitaliasi Pipa Tua, PDAM Kota Kendari Butuh Rp 80 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Jaringan perpipaan air bersih di Kota Kendari sudah uzur. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kota Kendari sejak 2016 sudah mengusulkan anggaran peremajaan jaringan pipa tersebut ke kementerian terkait. Sekira Rp 80 miliar anggaran yang dibutuhkan untuk revitalisasi jaringan pipa sepanjang 670 kilometer.

Saat ini, pipa PDAM sudah berusia 40 tahun yang menyebabkan fisik pipa mulai keropos dan mudah bocor. Dampaknya, tingkat kehilangan air PDAM Kota Kendari cukup tinggi, mencapai 40 persen lebih. Kerugian miliaran rupiah pun dialami perusahaan daerah pimpinan Damin sebagai direktur utama tersebut. Solusi yagn ditempuh Damin adalah dengan merevitalisasi secara total seluruh jaringan perpipaan PDAM di metro ini.

“Tidak ada jalan lain jika kita ingin cegah kebocoran air yang hampir 50 persen itu yakni dengan peremajaan jaringan pipa secara keseluruhan. Soalnya, pipa yang ada sekarang sudah keropos dan sebagian sudah berada dibawah jaringan jalan. Makanya kami, sejak tahun lalu sudah usul, minta didanai oleh APBN. Kita butuh sekira Rp 80 miliar,” ujar Damin, Dirut PDAM Tirta Anoa, Kamis (4/5).

Dikatakan Damin, jaringan pipa milik PDAM Tirta Anoa Kendari belum pernah dilakukan peremajaan sejak pertama kali beroperasi sekira 45 tahun lalu. Kondisi itu jauh dari usia layak jaringan pipa air bersih sebuah kawasan. “Pipa kita itu digunakan sejak tanam pada 1972 dan 1980. Usianya saat ini sudah hampir 50 tahun. Kita pastikan sudah keropos. Padahal, mestinya usia pipa itu maksimal 20 tahun,” tambah jelas Damin.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top