Jaringan Server Berfungsi, Disdukcapil Kendari Mulai Cetak e-KTP – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Jaringan Server Berfungsi, Disdukcapil Kendari Mulai Cetak e-KTP

kendaripos.fajar.co.id — Sempat bermasalah hingga beberapa bulan, kini kondisi jaringan server Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari sudah berfungsi normal. Pelayanan kepada masyarakat untuk pencetakan blangko e-KTP pun sudah dapat dilakukan mulai pekan ini. Dinas yang dipimpin oleh Muhammad Rizal tersebut juga sudah mulai membuka layanan penggantian Surat Keterangan (suket) menjadi e-KTP.

Muh. Rizal mengatakui jika pelayanan e-KTP sempat terganggu karena gangguan server di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Sempat servernya aktif, tapi blangkonya kosong. Setelah blangko ada, malah jaringan server bermasalah. Nah mulai minggu ini, server dan blangko sudah aman. Pelayanan percetakan kita sudah mulai,” ujar Muh. Rizal di ruang kerjanya, Kamis (4/5).

Gangguan server itu teratasi setelah utusan Disdukcapil Kota Kendari mengikuti bimbingan teknis di Kemendagri. Bahkan saat ini, telah diberlakukan sistem terbaru dari pusat untuk proses pendataan yang lebih mutakhir. “Petugas kami kirim langsung di Kemendagri untuk belajar menangani masalah server. Malah kita diberi sistem terbaru dari Kemendagri,” jelasnya.

Hingga kini, pencetakan blangko e-KTP sedang dikebut oleh Disdukcapil agar dapat segera menggantikan Suket yang sudah dikeluarkan selama ini. Dengan jumlah blangko sebanyak delapan ribu diperkirakan proses percetakan dapat dituntaskan hingga satu bulan. “Kita punya mesin cetak tiga unit. Daya cetaknya maksimal 100 blangko per hari. Dengan kalkulasi seperti itu, kemungkinan bisa satu bulanan tuntas,” tukas Muh.Rizal.

Mengingat jumlah blangko tidak sebanding dengan total lebih dari 10 ribu Suket yang dikeluarkan, Muh. Rizal mengaku akan menyiasati pencetakan blangko e-KTP dengan memberlakukan skala prioritas. “Kita dahulukan yang sudah merekam data tapi belum punya e-KTP. Kalau yang mengganti dan memperbaharui e-KTP, kita harap bersabar dulu,” imbuhnya. (p1/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top