Solusi Krisis Lahan Pemukiman di Bajo Mola, Bupati Wakatobi Tawarkan Rumah Susun – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Wakatobi

Solusi Krisis Lahan Pemukiman di Bajo Mola, Bupati Wakatobi Tawarkan Rumah Susun

Bupati Wakatobi, Arhawi Ruda

kendaripos.fajar.co.id — Solusi untuk memecahkan persoalan krisis lahan pemukiman yang dialami warga suku Bajo di Mola Raya, Wangiwangi, kini terus dipikirkan. Sejumlah alternatif telah ditawarkan Bupati Wakatobi, H. Arhawi untuk menuntaskan hal ini. Salah satunya dengan pembangunan rumah susun bagi masyarakat Bajo yang belum memiliki tempat tinggal.

Sebelumnya, Majaruddin, seorang warga Mola Raya mengungkapkan saat ini ada 10.000 jiwa yang bermukim di Mola Raya. Sementara 750 KK di dalamnya tidak memiliki rumah. “Bukannya tidak punya uang  untuk membangun rumah, tapi tak ada lahan,” ujarnya. Mereka berharap, Pemkab Wakatobi dapat mengizinkan warga membangun rumah di pesisir Pulau Otoue, Wangiwangi yang jaraknya tak jauh dari pemukiman Mola Raya. “Kami tidak minta pulaunya yang kami minta hanya pesisirnya,” usul Majaruddin.

Arhawi pun mengaku tak melarang warga Mola Raya membuat pemukiman di Otoue. Asal semuanya sudah disetujui oleh semua stakeholder teknis dan tokoh adat Mandati. Sebab menurut bupati, Pemkab Wakatobi tak punya kewenangan penuh untuk mengeksekusi lahan dimaksud.
“Kalau kami punya kewenangan, maka satu dua hari bisa kita selesaikan. Tapi semuanya harus dibicarakan dengan seluruh pihak terkait,” ujar Arhawi.

Arhawi justru memberikan penawaran pada warga Mola Raya yang saat ini krisis lahan akan dibangunkan rumah susun. “Kalau seandainya belum ada jalan keluar maka rumah susun alternatif juga yang harus kita lakukan,” tambahnya. Arhawi menyebutkan jika warga Mola Raya menuntut lokasi pemukiman dan pemakaman secara gratis tentu akan menimbulkan kecemburuan bagi masyarakat Wakatobi lainnya. Ia mengatakan jika semua masyarakat melakukan hal yang sama tentu Pemkab Wakatobi tidak mampu menyanggupinya. Namun ia berjanji tetap mengupayakan sehingga bisa diselesaikan tanpa merugikan pihak manapun. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top