Saksi Sebut Ketua DPRD Buton Nikmati Uang Korupsi Gedung Sekolah – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Saksi Sebut Ketua DPRD Buton Nikmati Uang Korupsi Gedung Sekolah

Suasana sidang pemeriksaan tiga saksi. Foto : Ade/KP

kendaripos.fajar.co.id — Ketua DPRD Buton, Laode Rafiun disebut-sebut ikut menikmati duit dugaan korupsi pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMKN Lasalimu Selatan tahun 2013. Nama Laode Rafiun disebut saksi Darmin Ali untuk terdakwa Syarifa, mantan bendahara sekolah dalam sidang di Pengadilan Tipikor, kemarin. Selain Darmin Ali, hadir pula saksi lainnya, Nurlina, yang juga istri Darmin.

Darmin Ali mengungkapkan semua duit yang diterima Laode Rafiun itu saat menjadi ketua dewan pembina dan ketua dewan perencana serta pengawas pembangunan USB tersebut.  Darmin yang juga mantan Kepala SMKN Lasalimu Selatan mengaku hampir setiap tahap pencairan uang pembangunan sekolah yang bersumber dari APBN, Rafiun selalu mengambil jatah.

Besaran anggaran untuk pembangunan sekolah, kata dia sebesar Rp 1,7 miliar yang dicairkan dalan 10 tahap. “Mulai pencairan tahap ketiga dan seterusnya, Rafiun selalu meminta bagian. Jumlah seluruh pengambilan Rafiun sekira Rp 50 juta. Pertama dia (Rafiun) ambil Rp 15 juta, lalu Rp 10 juta, dan ada juga Rp 5 juta,” ungkap Darmin di hadapan ketua majelis hakim Jony Witanto SH MH, dan hakim anggota Darwin Panjaitan MH dan Andri Wahyudi SH MH, Rabu (3/5).

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top