Pasca Penemuan Emas, DPRD Kolaka Minta Sungai Ulunggolaka Dijaga – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka

Pasca Penemuan Emas, DPRD Kolaka Minta Sungai Ulunggolaka Dijaga

Suasana lokasi penemuan tambang emas di Kolaka.

kendaripos.fajar.co.id — Temuan kandungan mineral emas oleh warga di sekitar Sungai Ulunggolaka membuat kebersihan aliran air terancam. Padahal, di tahun 2017 ini Sungai Ulunggolaka akan dijadikan sebagai sumber air minum yang dikonsumsi warga Kota Kolaka. Anggota Komisi III DPRD Kolaka, Hasbi Mustafa mengatakan, temuan serbuk emas oleh warga memang patut disyukuri. Sebab, hal itu dapat menambah penghasilan. Namun menurut Politikus Hanura itu, pemerintah setempat juga tetap harus menjaga kebersihan Sungai Ulunggolaka. Pasalnya, sungai tersebut nantinya akan dijadikan sebagai sumber PDAM yang akan dikonsumsi masyarakat.

“Persolan munculnya benih emas, kami berterimakasih kepada Tuhan dan itu harus sahuti dengan baik oleh daerah. Tetapi saya ingatkan bahwa akan ada proyek besar dalam rangka mengalirkan air bersih kepada masyarakat dan itu harus dijaga,” ulangnya, menegaskan, Rabu (3/5).

Semantara itu, Camat Latambaga, Muhammad Jufri mengatakan, saat ini pihaknya telah melarang warga yang akan masuk mendulang emas di sekitar Sungai Ulunggolaka. Olehnya itu, kata dia jumlah warga yang menambang emas di lokasi tersebut sudah menurun drastis.

“Pemerintah bersama TNI, Polri, dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam telah melakukan penjagaan di tiga pintu masuk dan warga yang mau masuk menambang itu sudah dilarang. Kalau sebelumnya yang menambang itu ada sekitar seribuan, kini tinggal 50 orang saja,” katanya kemarin. (c/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top