Gangguan Transmisi Jadi Kendala UNBK Jenjang SMP di Sultra – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Gangguan Transmisi Jadi Kendala UNBK Jenjang SMP di Sultra

Tim Helpdesk UNBK Sultra, Paruddin saat menunjukkan keadaan UNBK se Sultra melalui server lokal. Foto : Waode Ismawati/Kendari Pos

kendaripos.fajar.co.id — Proses pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP masih berlangsung. Ujian yang diikuti 20 sekolah pelaksana di Sultra tersebut, sempat ada kendala gangguan transmisi. Namun berhasil diatasi Tim Helpdesk UNBK Sultra sehingga tidak merugikan siswa.

Hal itu diungkapkan salah seorang Tim Helpdesk UNBK Sultra, Paruddin, S.Pd., M.Pd., saat ditemui, Rabu (3/5). “Sebenarnya tidak ada kendala yang berarti sehingga UNBK masih tetap berjalan lancar hingga hari kedua ini. Wajar saja kalau masih ada sedikit masalah yang ditemukan sebab bukan kehendak panitia yang penting tidak mengganggu jalannya ujian,” jelasnya.

Proktor utama SMPN 1 Kendari ini, mengungkapkan pula  pada hari pertama UNBK, tepatnya sesi ketiga pada pukul 14.00 Wita, ada gangguan transmisi. Gangguan tersebut tidak bisa dihindari sebab langsung dari Telkom atau terjadi pada jaringan. Untungnya, saat masalah itu terjadi  semua jawaban siswa sudah terkirim di server pusat.

“Waktu terjadinya tidak berlangsung lama. Kondisi tersebut dialami seluruh sekolah pelaksanan di Sultra. Setelah saya pantau semau mengalami gangguan tersebut yang kurang lebih 30 menit lamanya. Namun tidak berpengaruh karena gangguannya terjadi dijam empat setelah selesai sesi terakhir. Jika gangguan tersebut terjadi saat siswa mengerjakan soal, maka kami sudah antisipasi dengan menyiapkan teatring jaringan. Alhamdulillah selama ini belum pernah ada gangguan transmisi saat UNBK berlangsung,” kata guru yang kerap disapa Pa Oji itu.

Lanjut dia, dihari pertama juga ada salah satu sekolah di Baubau, saat buka CBPC status download soalnya kosong. Hal itu disebabkan karena sinkronisasi yang tidak tuntas. Seharusnya, download setelah dinyatakan berhasil jangan dulu di logout tetapi dicek kembali untuk memastikan semua data soal tidak masuk di server sekolah.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top