Dikbud Baubau Ingatkan 89 Kepala Sekolah, Soal Penggunaan Dana BOS – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Bau-bau

Dikbud Baubau Ingatkan 89 Kepala Sekolah, Soal Penggunaan Dana BOS

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Baubau memberi peringatan pada 89 kepala sekolah agar menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang telah dicairkan pekan lalu dengan baik sesuai Juknis dan Juklak yang telah ditentukan. “Memang selama ini, kita belum menerima aduan ataupun menemukan penyelewengan penggunaan dana BOS. Tetapi, saya tetap peringatkan para kepala sekolah untuk tetap disiplin dan berhati-hati mengeksekusi anggaranya. Tidak boleh keluar dari peruntukan yang telah diatur,” kata Kepala Dikbud Kota Baubau, Masri M.Pd saat dikonfirmasi, Rabu (2/5).

Sebelum dana BOS dikucurkan, lanjut dia, masing-masing sekolah menggelar rapat bersama terlebih dahulu, untuk membahas berbagai program. Kemudian keputusan rapat dituangkan dalam Rancangan Kerja Sekolah (RKS) sebagai landasan penyaluran anggaran BOS. “Jadi, penggunaan anggaran harus sesuai RKS sesuai keputusan bersama dewan guru dan diketahui komite sekolah. Tidak boleh ada kegiatan atau sengaja melaksanakan kerja-kerja fiktif. Semua pengeluaran dana BOS harus jelas dan transparan,” tegasnya.

Jika ditemukan ada yang coba bermain, maka pihaknya akan menyikapi dengan tegas. “Kami langsung sampaikan ke Inspektorat untuk diaudit. Dan jika ada temuan, maka ada konsekuensi logis yang harus dihadapi. Ada sanksi penurunan pangkat, penundaan kenaikan gaji berkala hingga pemecatan,” ancam Masri.
Mengenai total dana BOS yang dikucurkan pada triwulan pertama 2017, kata dia, pihaknya tidak tahu pasti. Saat ini ada 65 SD dan 24 SMP di Kota Baubau yang menerima dana BOS.  “Yang pasti untuk tingkatan SMP dihitung Rp 1 juta perorang dan SD Rp 800 ribu. Jadi, sekolah yang banyak muridnya memiliki anggaran BOS lebih besar,” pungkasnya. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top