Kena PHK, Puluhan Buruh Kelapa Sawit di Konawe Tuntut Pesangon – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Konawe

Kena PHK, Puluhan Buruh Kelapa Sawit di Konawe Tuntut Pesangon

KENDARIPOS.CO.ID — Peringatan hari buruh internasional (May Day) jatuh 1 Mei lalu. Masih dalam kaitan hari buruh itu, puluhan buruh kepala sawit asal Kecamatan Pondidaha, Konawe menggelar aksi unjuk rasa. Para buruh yang tergabung dalam Solidaritas Nasional Anti Korupsi dan anti Makelar Kasus Sultra (Snak Markus) menuntut keadilan atas proses Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan oleh PT. Surya Jaya Agrindo Perkasa (PT.SJAP). Bahkan mereka tak diberi pesangon sejak di PHK delapan bulan lalu.

Mereka mendatangi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sultra agar memfasilitasi permasalahan yang dihadapi. Tak hanya soal pesangon, sekira 30 buruh yang dikoordinir Amir selaku Ketua Snak Markus juga membeberkan dugaan pelanggaran yang dilakukan perusahaan itu.

“Tak hanya PHK yang dilakukan,  PT SJAP menerapkan upah murah selama beroperasi. PT SJAP merubah sistem upah harian menjadi borongan. Kami minta upah borongan dihapuskan. Ini merugikan para buruh. Selain itu, pesangon buruh yang di PHK harus dibayarkan. Kami minta Disnaker Sultra bersikap tegas,” ujar Amir, Ketua Snak Markus, Selasa (2/5).

Amir menambahkan lahan yang digunakan PT SJAP membukan perkebunan kelapa sawit adalah lahan masyarakat. Perjanjiannya, jika PT SJAP mengolah kelapa sawit, maka akan memprioritaskan masyarakat sebagai karyawan. “Tapi kenyataannya, para buruh ini di PHK secara sepihak dengan alasan yang tidak logis. Katanya perusahaan sudah tidak dapat membayar gaji karyawan,”bebernya.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top