Woww..Beras Kambowa Butur Dipasarkan ke Jerman – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Buton Utara

Woww..Beras Kambowa Butur Dipasarkan ke Jerman

KENDARIPOS.CO.ID — Komoditi pangan organik Buton Utara (Butur) terus dipromosikan.  Sebagai bentuk keseriusan mewujudkan itu,  pemerintah kabupaten (Pemkab) menggandeng Kementerian Pertanian sebagai mitra. Tak sekadar menampung dan membeli pangan organik dari Butur, kementerian itu bahkan telah mengambil sampel beras organik Butur untuk dipasarkan ke Jerman. Jika mendapat respon baik, hasil pertanian Butur dipersiapkan memenuhi kebutuhan pangan di Benua Eropa tersebut.

Bupati Buton Utara, Abu Hasan menuturkan, untuk mewujudkan daerah yang dipimpinnya sebagai kabupaten pangan organik, pihaknya telah menyiapkan ratusan hektar lahan siap tanam. Mantan Karohumas Pemprov Sultra ini menambahkan, kualitas hasil pangan organik Butur telah  diakui dan telah dipasarkan keluar negeri khususnya Jerman. “Beras Kambowa merupakan pangan organik khas Butur yang keberadaannya paling diminati. Bahkan,  Kementerian Pertanian telah mengambil sampel beras tersebut untuk dipasarkan ke Jerman. Ini membuktikan pemerintah pusat memberikan apresiasi besar dalam t pencanangan Butur sebagai kabupaten organik,” ujar Abu Hasan, kemarin.

Ketua KONI Butur ini mengungkapkan,  secara historis bercocok tanam secara organik bukanlah hal baru. Abu Hasan memgklaim,  sejak ratusan tahun lalu petani Butur telah membudidayakan pertanian organik. Hanya saja belum mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah pusat. “Berbagai inovasi dan kreativitas harus dilakukan, karena tidak ada daerah maju tanpa inovasi dan kreativitas. Sejauh ini baru Buton Utara sebagai kabupaten organik, dan ini tidak akan terwujud tanpa dukungan dari semua pihak,” sambungnya.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top