Strict Standards: Redefining already defined constructor for class Popular_Posts_Tabbed_Widget_Jetpack in /home/kendaripos/public_html/wp-content/plugins/popular-posts-tab-widget-for-jetpack/popular-posts-tab-widget-for-jetpack.php on line 61
Ujian Nasional SMP/Sederajat di Sultra Diikuti 50 Ribu Pelajar – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Ujian Nasional SMP/Sederajat di Sultra Diikuti 50 Ribu Pelajar

kendaripos.fajar.co.id — Ujian Nasional (UN) SMP/sederajat akan digelar, hari ini (2/5). Sekira 50 ribu pelajar bakal mengikuti ujian tahap akhir di jenjang satuan pendidikan menengah pertama itu. Dari jumlah itu, 5.876 pelajar diantaranya berasal dari Kota Kendari. UN SMP bakal menjadi ujian kejujuran bagi penyelenggara. Sebab, hasilnya tidak lagi menjadi penentu kelulusan. Sehingga potensi untuk melakukan kecurangan, misalnya membantu siswa memberikan jawaban atau bocoran soal terbuka lebar. Ketua Panitia UN Kota Kendari, Makmur Tote membenarkan kalau UN bukan lagi penentu kelulusan.

Menurut dia, hasil UN hanya akan menjadi bahan evaluasi sekaligus untuk memetakan kualitas pendidikan. Hanya saja, dia menegaskan kecil kemungkinan untuk terjadi kecurangan karena sudah diantisipasi sejak jauh hari. Dikmudora sudah menandatangani pakta integritas bersama seluruh kepala sekolah pelaksana UN. “Sudah ada komitmen bersama untuk menjaga kejujuran dalam pelaksanaan UN. Akan ada sanksi tegas kalau terbukti melakukan kecurangan,” ungkap Makmur Tote saat dihubungi, Senin (1/5).

Makmur mengakui UN sekarang memang menjadi ujian bagi penyelenggara. Kendati begitu, sudah ada komitmen untuk menjaga kerahasiaannya. Ini penting, supaya hasilnya benar-benar menunjukkan kualitas pendidikan seperti yang diharapkan. “Sejak tiga tahun terakhir, memang UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan. Namun, pengalihan fungsi itu bukan berarti bermain-main di dalamnya. Bagaimana mendapatkan data akurat terkait kualitas sekolah. Jika masih banyak ketidakjujuran dalam penyelenggaraan, maka sulit mengukur kualitas sesungguhnya,” pesannya.

1 of 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top