134 Calon Jamaah Haji Kota Kendari Terancam Batal Berangkat – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Metro Kendari

134 Calon Jamaah Haji Kota Kendari Terancam Batal Berangkat

KENDARIPOS.CO.ID — Proses pelunasan biaya haji tahap satu akan ditutup pada tanggal 5 Mei nanti. Namun hingga dua hari menjelang berakhirnya waktu pelunasan, baru sekitar 608 jamaah calon haji di Kota Kendari yang melunasi biaya hajinya. Sisanya, sebanyak 134 jamaah belum menyelesaikan kewajiban tersebut. Jika hingga waktu yang ditentukan belum juga terlunasi, maka jamaah yang bersangkutan dinyatakan gugur secara langsung.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji, Sunardin mengatakan, bagi jamaah yang tidak lunas biaya, maka secara otomatis dia akan menjadi daftar tunggu pada pelaksanaan haji 2018 nanti. Konsekuensinya, kuota yang ditinggalkan akan menjadi milik jamaah lain yang sesuai ketentuannya.

“Sampai hari ini (2 Mei) baru ada 608 jamaah yang melunasi dari kuota sebanyak 742 jamaah. Sebanyak 134 kami beri waktu sampai batas pelunasan tanggal 5 Mei besok. Jika belum juga lunas, maka posisinya akan digantikan dengan jamaah berstatus cadangan, jamaah lansia dan jamaah penggabungan suami istri dengan kuota yang proporsional,” jelas Sunardin, Selasa (2/5).

Dijelaskannya, jamaah cadangan adalah mereka yang telah mendaftar sejak tahun 2014 kebawah dan memiliki nomor yang berurutan setelahnya dengan jamaah yang mendapat kuota tahun ini. Sedang jamaah lansia adalah jamaah yang menjadi prioritas karena usia lanjut dan memenuhi syarat telah mendaftar pada 2014 ke bawah. Untuk jamaah penggabungan suami-istri diperuntukkan bagi sepasang suami istri yang mendaftar dan masih tersisa kuota dengan ketentuan pendaftaran tahun 2014 kebawah juga.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top