Aktivitas Tambang PT Ifishdeco Rusak Sawah Petani di Konsel – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Konawe Selatan

Aktivitas Tambang PT Ifishdeco Rusak Sawah Petani di Konsel

kendaripos.fajar.co.id — Aliansi Kelompok Masyarakat Tani Drupadi dmenggelar aksi protes di kantor Pemkab Konawe Selatan (Konsel), Rabu (26/4). Massa dari masyarakat Desa Bomba-bomba dan Asingi, Kecamatan Tinanggea tersebut menuntut manajemen PT Ifishdeco segera membayar ganti rugi atas dampak pencemaran yang ditimbulkan di wilayahnya. Aktivitas perusahan pertambangan nikel itu membuat puluhan sawah mereka tercemar.

Ketua Kelompok Tani Desa Bomba-bomba, I Wayan Sukayasa mengungkapkan sekitar 27 hektar sawah mereka tercemari dari kegiatan pertambangan Ifishdeco. Pasalnya bendungan irigasi di wilayahnya tertimbun endapan lumpur bekas aktivitas perusahaan tersebut yang hanya berjarak 700 meter dari sawah.

“Sungai yang menjadi sumber air bersih bagi warga di desa kami juga ikut tercemar. Airnya keruh dan tidak bisa lagi kita pakai minum,” protesnya. Disisi lain, dampak yang ditimbulkan oleh perusahan tersebut, sejak tahun 2013 silam, petani sawah sekitar mengalami kerugian cukup besar. Sebelum Ifishdeco masuk, Wayan mengaku pihaknya masih bisa panen padi tujuh ton perhektar. Namun setelah kehadiran perusahaan itu menurun dan kini hanya bisa menghasilkan lima ton. “Dalam satu hektar kami kehilangan 2100 kilogram gabah. Bila dirupiahkan mencapai Rp 8 jutaan perhektarnya. Makanya, kali ini kami benar-benar sudah tak tahan dengan kehadiran perusahaan. Harus ada pertanggungjawaban,” ancam Wayan.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top