Warga Diminta Keluar Dari Lokasi Penemuan Tambang Emas – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kolaka

Warga Diminta Keluar Dari Lokasi Penemuan Tambang Emas

Suasana lokasi penemuan tambang emas.

kendaripos.fajar.co.id — Lokasi penemuan tambang emas di Kelurahan Ulunggolaka Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus diserbu warga. Berdasarkan pantauan Kendari Pos, warga terus berbondong-bondong datang sambil membawa peralatan seperti wajan dan cangkul.

Hanya saja keberadaan warga yang datang mendulang emas itu tidak akan lama. Lokasi tersebut bakal segera dikosongkan karena masuk dalam lahan konservasi. Hal itu diungkapkan Camat Latambaga, Muhammad Jufri sesuai mengunjungi tempat terebut, Senin (24/4) sore. Jufri mengatakan, dalam kunjungannya bersama aparat keamanan dan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sultra menemukan warga yang menambang di dalam kawasan konservasi.

“Yang masuk dalam kawasan segera dihentikan. Lalu yang berada diluar hutan konservasi, kami beri waktu sebulan,” ujarnya.
Untuk sanksi yang akan diberikan pada warga yang nantinya masih diketahui menambang pada daerah terlarang, Jufri belum dapat menyebutkannya. “Kalau sanksi itu kewenangan BKSDA. Dalam waktu dekat kami akan rapat dengan Pemkab untuk melaporkan hasil kunjungan ini dan menentukan langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya,” sambung Jufri.

Untuk diketahui, penemuan emas itu berawal dari rutinitas warga bernama Syaiful yang selalu membersihkan kebun miliknya. “Jadi waktu sedang membersihkan kebunnya, dia (Syaiful, red) temukan serbuk yang diduga emas itu. Kabar itu kemudian tersebar dengan cepat. Sehingga warga yang penasaran langsung mengunjungi lokasi itu,” tutup Jufri. (Zulfadli)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top