Tingkatkan Mutu Dosen, Kemenristekdikti Gandeng Unsultra – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Tingkatkan Mutu Dosen, Kemenristekdikti Gandeng Unsultra


Rektor Unsultra, Prof. Dr. Andi Bahrun, saat membuka workshop penyusunan proposal penelitian dosen di Grand Clarion Hotel Kendari. Foto : Waode Ismawati/Kendari Pos

kendaripos.fajar.co.id — Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat dan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, terus mendorong peningkatan mutu dosen dalam penyusunan proposal penelitian. Unsultra menjadi salah satu perguruan tinggi di Sultra yang masuk program peningkatan kualitas tenaga pendidik di tanah air yang tengah digenjot pihak Kemenristekdikti.

Kamis (20/4), Kemenristekdikti kerjasama Unsultra menggelar workshop penyusunan penelitian dosen di Grand Clarion Hotel Kendari. Hal ini bermaksud mendorong dosen-dosen yang ada di luar Jawa agar mampu bersaing dalam menghasilkan penelitian. Selain di Sultra, workshop yang sama dilakukan di 19 titik di seluruh Indonesia, diantaranya, Mataram, Solo dan Banjarmasin.

“Peserta dalam workshop ini, dosen yang gagal proposalnya tahun lalu. Lewat workshop ini, semua masalah akan dikaji. Artinya, mereka akan diberi tata cara membuat proposal yang baik dan benar. Karena setelah dicermati, kesalahan banyak ditemukan pada kekeliriuan dalam metode penyusunan proposal,” ungkap Kasubdid Adhi Indra Hermanu Riset Dasar Kemenristekdikti.

Kata dia, tahun lalu secara nasional, sekira 40 ribu proposal dosen yang tidak lolos. Olehnya itu, pihaknya memberi pelatihan dan pemahaman yang kemudian bakal diambil 14 ribuan proposal tersebut. “Kami tekankan pada lokasi di luar pulau Jawa. Karena kita ingin memang mendorong teman-teman dosen yang ada di Sultra atau pun daerah lainnya, punya kemampuan yang sama untuk berkompetisi dalam penelitian,” katanya.

Ia menjelaskan, Kementrian melakukan beberapa perubahan dan penataan regulasi, juga berbagai program strategis untuk kegiatan riset dan inovasi. Saat ini, kebijakan tersebut semau berpihak pada dosen peneliti. Misalnya, dosen yang lolos penelitiannya akan mendapatkan royalti. Kebijakan lain, ada juga Peraturan Pemerintah Keuangan (PermeKeu) 106 terkait penelitian yang berbasisi out put.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top