Proyek VSAT Konut Diduga Fiktif, Penyidik Periksa 18 Saksi – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Hukum & Kriminal

Proyek VSAT Konut Diduga Fiktif, Penyidik Periksa 18 Saksi

AKBP Sunarto

KENDARIPOS.CO.ID — Ada fakta baru yang terungkap dalam kasus penyuapan pengadaan Very Small Aperture Terminal (VSAT) atau stasiun penerima sinyal dari satelit di Sekretariat Daerah Kabupaten Konawe Utara (Konut). Kasus yang menyeret dua orang tersangka, Basrudin dan Helmin Topu ini ditangani oleh Penyidik Subdit III Tipikor Polda Sultra. Berdasarkan hasil pemeriksaan 18 saksi, penyidik menduga proyek tersebut fiktif.

BACA JUGA :  Akibat Janji Proyek, Rp 700 Juta Melayang

Proyek di Sekretariat Konut ini anggarannya mencapai Rp 150 juta. Dari keterangan saksi, proyek itu tidak pernah diadakan, namun duit sudah sepenuhnya mengalir 100 persen ke Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) bernama Basrudin. Dia yang kesehariannya menjabat sebagai Kabag Umum di Sekretariat Konut menyuruh Helmin Topu untuk menyuap seseorang berinisial AH dipusat perbelanjaan di Kota Kendari waktu penangkapan Desember lalu .
Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Sunarto mengatakan, berkas dua tersangka ini dipisahkan (split). Nah, untuk berkas yang sudah masuk ke Kejaksaan atau tahap pertama, yakni Helmin Topu, sementara berkas Basrudin masih dalam tahapan perampungan. Keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka sesuai hasil gelar perkara.

BACA JUGA :  Akibat Janji Proyek, Rp 700 Juta Melayang

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top