Terima SK Gubernur, Dikbud Sultra Cairkan Dana BOS – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Terima SK Gubernur, Dikbud Sultra Cairkan Dana BOS

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Damsid.

KENDARIPOS.COID — Perubahan petunjuk teknis (Juknis), membuat pencairan Rp 113 miliar dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) Sultra triwulan pertama molor. Meski begitu, pihak sekolah penerima dana BOS tak perlu resah lagi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra telah menerima Surat Keputusan (SK) pencairan dana BOS dari Gubernur Sultra, Nur Alam.

BACA JUGA :  Dana Bos Belum Cair, Kepala Sekolah di Konsel Galau

Kepala Dikbud Sultra, Damsid, mengatakan keterlambatan pencairan itu karena ada mekanisme dari Kementerian yang berubah. ” Kalau dulu menjadi satu semua dan prosesnya hanya melalui Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendidikan. Dengan juknis yang baru pihak Kementerian Dalam Negeri juga turut terlibat dalam pencairan dana BOS,” kata Damsid saat temui diruang kerjannya, Selasa (18/4).

BACA JUGA :  Dana Bos Belum Cair, Kepala Sekolah di Konsel Galau

Damsid juga menjelaskan bahwa setiap sekolah sekarang wajib untuk membuat Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Rencana Kerja Sekolah (RKS) sebagai syarat pencairan dan BOS. “Hal itu dilakukan karena dana BOS untuk SD dan SMP itu akan masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) masing-masing Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Meski dana BOS mengalami keterlambatan dalam pencairan, tidak menjadi alasan sekolah untuk tidak melaksanakan ujian. “Itu agenda nasional. Namun beginilah nasib pemerintah. Pihak sekolah harus mengutang atau menggunakan kas sekolah mungkin juga menggunakan uang komite untuk memperlancar jalannya ujian. Setelah proses cair baru pinjaman itu dapat dikembalikan,” tuturnya.

BACA JUGA :  Dana Bos Belum Cair, Kepala Sekolah di Konsel Galau

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top