Foto Kuno Kesultanan Buton Ikut Meriahkan Ekspo Budaya di Bali – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Sulawesi Tenggara

Foto Kuno Kesultanan Buton Ikut Meriahkan Ekspo Budaya di Bali

KENDARIPOS.CO.ID. BAUBAU- Sebagai salah satu anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau turut meramaikan pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-4 hingga Selasa (18/4) hari ini. Pemkot Baubau bersama 64 kabupaten/kota juga sekaligus mengikuti ekspo budaya di kawasan Puri Agung Kabupaten Gianyar, Bali.

Dalam pameran tersebut, stand Kota Baubau yang dikoordinir Tim Dinas Komunikasi dan Informasi, menampilkan berbagai hal berkaitan dengan kearifan budaya lokal. Mulai dari koleksi foto kuno peninggalan Kesultanan Buton hingga sejarah dan potensi melalui visualisasi digital hasil liputan dan dokumentasi dalam bentuk audio video.

“Pusaka andalan Kota Baubau adalah Benteng Keraton Buton yang telah dinobatkan sebagai benteng terluas di dunia. Kita juga memajang koleksi foto peninggalan Kesultanan Buton dan menampilkan video sejarah serta pembangunan Kota Baubau saat ini,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Baubau, Idrus Taufiq Saidi saat dihubungi, Senin (17/4).

Menurutnya, keikutsertaan Kota Baubau dalam Rakernas JKPI tahun ini, memberikan kesan tersendiri. Pasalnya, dengan memamerkan koleksi foto dari Kesultanan Buton, menjadikan stand Kota Baubau ramai pengunjung. Bahkan, tiga kepala daerah sekaligus turut datang. “Ini menjadi kebanggaan tersendiri. Bupati Gianyar, Anak Agung Gede Agung Bharata, Wali Kota Ternate, Burhan Abdurrahman dan Wali Kota Banda Aceh Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal melihat dan mengapresiasi pameran stand Kota Baubau,” ungkapnya.

Hal penting lainnya dalam ajang tersebut menurut Idrus Taufiq Saidi seperti dikutip dari Direktur Eksekutif JKPI, Nanang Asfrinal, Rakernas kali ini menjadi momentum penting. Sebab akan memutuskan penyerahan kepemimpinan JKPI dari Bupati Gianyar ke Wali Kota Baubau, AS Tamrin di Puri Agung Gianyar, hari ini. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top