Belum Kantongi Kitas, Essien dan Cole Terancam di Deportasi – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Olahraga

Belum Kantongi Kitas, Essien dan Cole Terancam di Deportasi

KENDARIPOS.CO.ID — Janji striker Carlton Cole untuk tampil lebih garang di pertandingan kedua Liga -1 bersama Persib Bandung, sepertinya sulit terpenuhi. Belum mengantongi Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) di Indonesia, adalah menjadi batu sandungan terbesar bagi pemain asal Inggris itu untuk ambil bagian di laga lanjutan Maung Bandung julukan Persib .

Mantan striker West Ham United di Premier League Inggris itu memang tampil kurang maksimal di ketika menjamu Arema FC di laga pembuka Liga-1, 15 April lalu. Bermain selama 45 menit, dia hanya mampu menciptakan satu peluang. “Tapi, saya berjanji akan bermain lebih bagus di pekan berikutnya,” kata Cole setelah laga.

Cole tidak sendirian, melainkan ada sejumlah pemain asing lain yang memiliki nasib serupa seperti dia. Parahnya, sebagian besar para pemain asing yang memiliki nasib serupa dengan Cole tersebut, adalah para pemain yang berstatus marquee player. Salah satunya adalah Michael Essien, rekan setim Cole di Persib.

Ya, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) memang sudah memberikan syarat ketat kepada operator kompetisi, PT LIB (Liga Indonesia Baru) untuk tidak mengizinkan pemain asing yang belum memiliki Kitas untuk tampil di kompetisi kasta tertinggi tanah air itu. “Sejak awal kami sudah melarang. Tapi, masih saja mereka membandel,” kata Sekjen BOPI, Heru Nugroho.

Memang, pada 12 April lalu, atau tiga hari sebelum kickoff Liga -1 digelar, BOPI mengeluarkan rekomendasi kepada PT LIB untuk menggelar profesional tanah air. Hanya saja, ada satu catatan yang diberikan oleh BOPI, yaitu larangan bermain bagi pemain asing yang belum mengantongi Kitas tersebut. Catatan itu pun sudah disetejui oleh PT LIB sendiri.

1 of 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top