April Ini, ESDM Tertibkan Semua Penambang Ilegal – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Konawe Selatan

April Ini, ESDM Tertibkan Semua Penambang Ilegal

kendaripos.fajar.co.id — Dinas Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra sudah mengagendakan penertiban semua penambang batu ilegal yang beraktivitas di Moramo, Kabupaten Konsel Sulawesi Tenggara (Sultra). Umumnya penambang itu tak mengantongi izin. Kepala Dinas ESDM Sultra, Burhanuddin memastikan penertiban akan dilakukan April ini. “Hampir semua masyarakat melakukan penambangan tapi tak memiliki izin. Nah, ini yang akan kita tertibkan,” ujar Burhanuddin saat di ruang kerjanya, Selasa (4/4).

BACA JUGA :  Ilegal, PT Conch Harus Ditutup

Menurutnya, penertiban itu menurutnya bukan tanpa alasan. Sebab, aktivitas masyarakat menambang batu bukan lagi dilakukan secara individu. “Masyarakat bahkan sudah menggunakan alat berat yang disewa dari pihak ketiga. Jadi, proses penambangan disana sudah harus ditertibkan,” tegasnya.

Sementara, anggota Komisi III DPRD Sultra, Sarlinda Moke mengatakan penertiban area pertambangan batu di Moramo tidak serta merta dilakukan. Pemerintah juga harus memberikan solusi kepada masyarakat. Pasalnya, penambangan batu di Moramo sudah menjadi sumber penghasilan masyarakat. “Mereka menggantungkan hidup di pertambangan batu. Jika, dilakukan penertiban maka pemerintah juga harus menyediakan solusi untuk keberlangsungan hidup masyarakat di sana,” ujar Sarlinda.

BACA JUGA :  Ilegal, PT Conch Harus Ditutup

Sarlinda juga mengaku akan mengawal terus penertiban penambangan batu di Moramo. “Jangan sampe izin tambang perusahaan tersebut juga tidak resmi. Kita akan lihat izin perusahaan yang saat ini mengklaim punya izin, apakah resmi atau tidak. Karena pernah kejadian, mengaku memiliki izin tapi pada akhirnya izin tersebut tidak resmi,” pungkasnya. (yog/c)

BACA JUGA :  Ilegal, PT Conch Harus Ditutup

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top