Tanpa IMB, PT Conch Rugikan Daerah – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Nasional

Tanpa IMB, PT Conch Rugikan Daerah

KENDARIPOS.CO.ID BARRU- Upaya penertiban bangunan tak ber IMB di Barru tampaknya menjadi preseden buruk bagi penegakkan perda. Ini akibat ulah PT Conch yang seenaknya membangun tanpa IMB. Padahal Satuan Polisi Pamong Praja sudah turun ke lokasi proyek pembangunan PLTU di Kelurahan Mangempang.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas PU Kabupaten Barru, Cakrawala mengungkapkan, membangun tanpa IMB jelas merugikan daerah. Apalagi sebuah perusahaan tentu ada perhitungan tersendiri terkait biaya izin mendirikan bangunan. Tidak boleh ada bangunan tanpa IMB.

BACA JUGA :  Pembangunan Hotel Tak Sesuai Izin, Malah Dibiarkan

Angka hitung-hitungan biaya IMB, jelas diatur dengan Perda. Karena itu, bagi siapa saja termasuk PT Conch membangun tanpa IMB jelas merugikan daerah. Pemkab Barru kehilangan salah satu sumber pendapatan asli daerah yang kontribusinya cukup besar. “Kami belum bisa menghitung berapa kerugian daerah terkait bangunan tak ber IMB ini. Kami harus cek dulu,” jelasnya.

Sementara Plh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Muh. Sabirin, mengatakan, perusahaan asal Tiongkok yang sudah mendirikan sejumlah bangunan di lokasi proyek tanpa IMB jelas pelanggaran. “Karena kami sudah memberi peringatan, meski belum ada secara tertulis. Namun pihaknya berjanji kembali akan turun ke lokasi untuk yang kedua kalinya. Jika tak juga berhenti maka tentu akan dilakukan langkah lebih tegas lagi. Fakta di lapangan, investor ini terus membangun.

BACA JUGA :  Ada Manipulasi Izin Pembangunan Hotel di Baubau ?

Di lokasi proyek PLTU milik PT Conch, pembangunan gedung masih terus berlangsung. Bahkan satu gedung sudah di tempati. Belakangan satu lagi gedung berlantai dua sementara dibagun tak jauh dari lokasi bangunan awal yang kini sudah ditempati sebagai kantor dan rumah tinggal.

Selama ini, manajemen PT Conch seperti diungkapkan Mr Wu, melalui juru bahasanya, Jane, mereka hanya kontrak rumah. Karena itu perusahaan ini membangun hanya sebagai tempat tinggal saja. Sama sekali tidak ada kegiatan terkait proyek PLTU di lokasi proyek. PT Conch merasa tidak bersalah berkaitan dengan izin, sebab selama segala proses perizinan sudah diserahkan ke Pemlab Barru. (rus)

BACA JUGA :  Ada Mafia IMB di Dinas Tata Kota?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top