Bawaslu : Ada yang Keliru Soal Pembukaan Kotak Suara – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Bawaslu : Ada yang Keliru Soal Pembukaan Kotak Suara

Munsir Salam

kendaripos.fajar.co.id–Langkah cepat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari membuka kotak suara mulai dipersoalkan. Sebabnya, Mahkamah Konstitusi (MK) sudah menegaskan, tidak pernah memerintahkan untuk melakukan hal itu. Informasi ini terkuak, saat sidang sengketa Pilkada Kabupaten Tebo, Senin (20/3).

KPU Tebo selaku termohon mempertanyakan perintah MK membuka kotak suara. Sontak pertanyaan ini membuat majelis hakim terkejut dan langsung membantah. “MK tidak pernah perintahkan KPU untuk membuka kotak suara. Begitupun yang terjadi di Kota Kendari,” tegas Arief Hidayat, Ketua Majelis Hakim, sambil memperlihatkan artikel berita.

BACA JUGA :  Soal Pembukaan Kota Suara, KPU Akui tak Diperintah MK

Menyikapi hal tersebut, Komisioner Bawaslu Sultra, Munsir Salam, mengaku pihaknya akan mengkaji lebih dalam soal pembukaan kotak suara yang dilakukan oleh KPU Kota Kendari maupun KPU Bombana. Menurutnya, jika hakim MK telah menganulir pernyataan bahwa pernah memerintahkan KPU Kota Kendari untuk membuka kotak suara, maka berarti ada yang keliru.

“Sebenarnya, membuka kotak suara sah-sah saja, selama dilakukan dalam koridor aturan. Dalam kasus ini, kami akan telaah lagi lebih dalam,” janjinya. Munsir menambahkan, jika tindakan yang dilakukan Kota Kendari terbukti tidak sesuai ketentuan, maka akan ada konsekuensi yang harus ditanggung. “Sudah pasti ada risikonya. Salah satunya menyangkut pelanggaran kode etik,” imbuhnya. (yog)

BACA JUGA :  Soal Pembukaan Kota Suara, KPU Akui tak Diperintah MK

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top