Hari Ini, Giliran KPU Busel Jawab Gugatan Pemohon – Kendari Pos Online
Koni Sultra
Iklan DPRD
Politik

Hari Ini, Giliran KPU Busel Jawab Gugatan Pemohon

Suasana sidang Perdana sengketa Pilkada di Sultra.

KENDARIPOS.CO.ID–Empat dari 50 permohonan sengketa Pilkada yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK) berasal dari Sultra, dan sudah dibacakan selama pekan kemarin. Dan mulai hari ini (Senin/20/3), giliran KPU yang akan memberikan jawaban atas semua tudingan pelanggaran dari para kandidat “kalah”, yang dialamatkan ke penyelenggara Pilkada.

Sebagaimana diketahui, empat sengketa Pilkada dari Sultra itu berasal dari Buton Selatan, Buton Tengah, Bombana dan Kota Kendari. Gugatan terhadap KPU sudah dibacakan hari Kamis dan Jumat, pekan lalu. “Nah hari ini, giliran KPU yang memberikan jawaban. Sekarang jadwalnya KPU Buton Selatan (Busel),” kata Komisioner KPU Sultra, Tina Dian Ekawati sata dihubungi Kendari Pos.

BACA JUGA :  Jubir MK : Buka Kotak Suara Harus Ada Perintah Pengadilan

Tina yang kini sedang berada di Jakarta mendampingi KPU daerah menghadapi gugatan di MK, mengatakan KPU dari empat kabupaten yang digugat sudah mempersiapkan semua jawabannya di depan majelis hakim. “Keempat KPU siap dan menyiapkan jawaban atas permohonan mereka dengan sebaik-baiknya. Artinya, setiap yang didalilkan dalam permohonanannya maka KPU akan jawab,” katannya.

Ia menegaskan, semua yang dipermasalahkan bisa ditanggapi dan menjadi penilaian MK. Jadi, pihaknya nanti akan memberi jawaban sebaik-baiknya dan dibarengi dengan bukti. Menurut dia, keempat sengketa Pilkada Sultra semuanya mendapatkan jawaban dan porsi yang sama bagi KPU. Tidak ada perbedaan dalam penanganan dan jawbannya.

BACA JUGA :  Pembukaan Kotak Suara di KPU Kendari Bukan Perintah MK

Sebab, jika berkas permohonan masuk di MK dan oleh MK diberi nomor register kemudian termohonnya adalah KPU maka kewajiban KPU untuk menanggapi permohonan itu. “Jadi, kami tidak pernah langsung menyimpulkan atau menyepelekan semua permohonannya. Dan KPU tetap menghargai itu dengan akan menjawab sebaiknya sesuai yang menjadi materi gugatannya atau setiap dalilnya. Jawabannya semua sesuai susunan sistematika layaknya sebagai permohonan,” ujar Koordinator Divisi Hukum KPU Sultra ini.

BACA JUGA :  KPU Kota Kendari Optimis Menang di MK

Dijelaskannya, bahwa materi gugatan pemohon terbilang banyak. Akan tetapi semuanya akan dijawab oleh KPU yang bersangkutan sesuai materi gugatannya seperti apa nantinya. Misalnya Kota Kendari diungkpakan ada dugaan pelanggaran di beberapa TPS Kecamatan Kadia dan banyak uraiannya. Sedangkan daerah lain juga banyak permasalahannya. Olehnya, segala permohonan tersebut disiapkan jawaban lisan maupun berkas. (Marwan)
Jadwal Sidang di MK
Busel Senin (20/3) 09.00 WIB
Buteng Selasa (21/3) 09.00 WIB
Kota Kendari Selasa (21/3) 16.00 WIB
Bombana Rabu (22/3) 09.00 WIB

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top