Lawan Liverpool, Guardiola Putar Otak Lebih Keras – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Olahraga

Lawan Liverpool, Guardiola Putar Otak Lebih Keras

kendaripos.fajar.co.id–Manajer Manchester City, Pep Guardiola, kembali mendapat rintangan berat kala harus menjamu tim kuat Premier League, Liverpool, di Stadion Etihad, Senin (19/3) dini hari. Guardiola sejatinya sudah mengantongi cara mengalahkan Livepool, tapi itu justru bertolak belakang dengan filosofinya selama ini.

Satu hal yang jadi fokus Guardiola, Liverpool klub yang nyaman meladeni tim sesama pengusung attacking football dengan garis pertahanan tinggi. ”Namun, begitu melawan tim yang bermain bertahan, mereka seringkali bermasalah,” ucapnya. Hanya, itu tidak jadi pedoman baginya supaya mengubah filosofi timnya lebih bertahan.

Guardiola menyatakan, menghadapi Liverpool mereka tetap main menyerang. Dia hanya ingin pemainnya lebih kokoh dalam bertahan. Rata-rata gol kebobolan Manchester City terjadi dari kesalahan mereka sendiri.

”Persoalan kami di Monaco itu lantaran kami tidak mampu menciptakan banyak peluang di babak pertama. Kami tak bermain seperti biasanya di 45 menit pertama. Itulah mengapa kami tersingkir,” tutur Guardiola lagi.

Wajar Guardiola memutar otak lebih keras. Laga ini menjadi pertaruhan masa depannya setelah gagal membawa Mancheter City lolos ke babak perempat final Liga Champions. Datang ke Etihad dengan ekspektasi membumbung tinggi ke angkasa, ternyata Guardiola malah membuat prestasi Manchester City turun ke dasar sungai.

BACA JUGA :  Guardiola Kena "Kutukan"

Selain gagal di babak 16-besar Liga Champions, mereka juga telah tersisih di Piala Liga Inggris. Padahal pada musim lalu, semifinal Liga Champions dan juara di Piala Liga Inggris mewarnai prestasi Manuel Pellegrini. Kini, tinggal Piala FA dan Premier League harapannya. Dan, untuk Premier League, sepertinya terlalu sulit mengejar Chelsea.

Sekarang mereka tertinggal 10 angka di belakang Chelsea yang berkuasa dengan 66 poin. Padahal, Premier League tinggal menyisakan 11 pertandingan. Masalahnya, Chelsea sangat stabil performanya dan Liverpool yang jadi lawan mereka adalah momok tim elite.

Liverpool memang terlihat seperti kucing ketika melawan tim ecek-ecek, tapi kala bersua tim elite, mereka mengaum layaknya singa. Faktanya, belum ada satupun klub elite yang bisa mengalahkan klub berjuluk The Reds itu. Kini, Manchester City mengejar upaya menjadi yang pertama menundukkan Liverpool.

BACA JUGA :  Guardiola Kena "Kutukan"

Dengan duka yang mendalam setelah tersingkir menyakitkan dari babak 16-besar Liga Champions, Manchester City memang mencari pelipur lara. Masalahnya, dengan pertahanan yang rentan seperti yang dipertontonkan sepanjang musim ini, sepertinya mereka harus bekerja keras mengatasi kegarangan lini serang Liverpool.

”Kami harus bangkit. Sebab, Minggu ini adalah pertandingan yang penting,” kata bek kanan City Bacary Sagna sebagaimana dikutip Sky Sports (16/3).

Bukan sekadar revans atas bencana di awal tahun saat Pablo Zabaleta dkk kalah 0-1 di Anfield (1/1). Juga, untuk menjaga reputasi Guardiola yang tak pernah kalah back-to-back di liga domestik selama delapan tahun karir melatih. Lebih dari itu, kemenangan akan menjaga mukanya di hadapan Sheikh Mansour, pemilik Manchester City.

”Pelatihnya top. Mereka tim yang menyerang, begitu memenangi bola mereka pun langsung menekan. Begitu kehilangan bola, mereka langsung transisi dari menyerang ke bertahan, lalu kemudian memenanginya kembali dan balik menyerang,” ulas juru racik asal Spanyol berusia 46 tahun itu.

BACA JUGA :  Guardiola Kena "Kutukan"

Sementara itu, satu hal yang harus diwaspadai Liverpool adalah kekuatan Manchester City apabila mereka di kandang sendiri. Ya, selama Premier League musim ini The Citizens sudah tidak pernah tumbang lagi di Etihad sejak 3 Desember lalu usai ditumbangkan Chelsea 0-2. Manchester City pun secara keseluruhan sudah dua bulan tidak terkalahkan di Premier League dengan menuai empat kali kemenangan dan dua kali hasil imbang.

Dilansir ESPN, pelatih Liverpool Juergen Klopp tidak mau timnya disebut favorit dalam bentrok ini karena reputasi tersebut. ”Manchester City adalah tim yang paling sulit dikalahkan,” ungkapnya di Melwood, Liverpool, Jumat petang waktu setempat.

”Namun, ketika Anda mampu memenangkan bola, ada beberapa ruang dalam permainan mereka yang mungkin bisa Anda gunakan. Kami paham apa yang harus kami lakukan. Kami akan coba segala cara untuk melakukannya dengan baik. Ini akan jadi laga yang fantastis,” imbuhnya. (fajar/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top