Indonesia Berhenti Impor Beras, FAO Tertarik Belajar – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Nasional

Indonesia Berhenti Impor Beras, FAO Tertarik Belajar

kendaripos.fajar.co.id SULAWESI SELATAN- Organisasi Pangan dan Pertanian yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) tertarik dengan produktivitas hasil bumi Indonesia.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, organisasi yang populer dengan nama FAO itu, penasaran dengan keberhasilan pangan Indonesia.

Sebab, Indonesia sudah tidak lagi impor beras untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sejak tahun 2016.

Hal itu disampaikan Mentan Amran dalam acara peluncuran program ketahanan pangan, tanaman pangan, hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2017 di Kantor Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar, Jumat (17/3)

“Dan, baru saja menteri Malaysia, Vietnam, mengapresiasi kita. Terakhir dua malam lalu, dari FAO mereka mengapresiasi Indonesia meningkatkan produksi pertanian tanpa impor,” ujar Amran.

Dia menambahkan, FAO bahkan meminta agar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan strategi tersebut. Hal ini untuk menjadi bahan pelajaran terhadap negara-negara lainnya.

Di samping itu, Amran menyampaikan terima kasih kepada semua petani dan dinas pertanian yang berupaya memaksimalkan serap gabah. Dua tahun lebih kerja keras Kementerian Pertanian terbayar karena Indonesia tidak lagi impor beras.

“Terasa dua tahun lewat, hampir tiga tahun, lelah kita terbayar sudah. Negara lain mengapresiasi kita, beras kita tidak impor. Bawang kita tidak impor, bahkan kita sudah ekspor.

“Kemudian jagung produksi terbesar sepanjang sejarah termasuk Sulawesi Selatan. Dulu (jagung) kita impor dari Argentina dengan Amerika 3-4 juta ton. Tahun 2016, turun impor kita 3 juta. Mudah-mudahan tahun ini kita sudah swasembada pangan,” ungkapnya.(Mg4/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top