Lukman Abunawas : KONI Sultra Fokus Regenerasi Atlet – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Olahraga

Lukman Abunawas : KONI Sultra Fokus Regenerasi Atlet

kendaripos.fajar.co.id, Kendari — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah menyusun agenda jelang pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan(RAT) yang akan berlangsung 20 Maret 2017 mendatang. Ada beberapa hal yang akan menjadi fokus utama. Pertama, soal pentingnya pembinaan atlet usia dini dari setiap cabang olahraga (cabor). Kedua, membahas persiapan jelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018 di Kolaka Utara. Kemudian, evaluasi dari pencapaian prestasi setiap cabor, termasuk membahas program internal KONI.

“Semua persiapan RAT sudah rampung. Kita juga mengundang semua KONI kabupaten dan kota. Terutama tuan rumah pelaksana Porprov Kolut, karena mereka akan membahas sejauh mana persiapan menyambut even empat tahunan tersebut,” ungkap Ketua KONI Sultra, Lukman Abunawas, diruang kerjanya, Jumat (17/3).

Ketua KONI Sultra Lukman Abunawas

Ia mengatakan, pasca pelaksanaan PON induk olahraga kini fokus pada pembinaan atlet muda. Nah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan dalam proses pembinaan setiap cabor harus mengikuti kompetisi. Jangan setelah Pekan Olahraga Nasional (PON) maupun Proprov, tidak ada lagi kejuaraan untuk mengevaluasi hasil latihan atlet. Dampaknya, prestasi menjadi tidak maksimal, karena pembinaan tidak berjalan sesuai harapan.”Potensi atlet di daerah harus terus dibina. Utamanya usia dini. Kenapa ? karena ada batas usia jika akan berlaga di PON. Olehnya, kita harus memperhatikan masalah regenerasi atlet. Atlet muda yang memiliki bakat akan kita bina sehingga nantinya bisa menjadi kebanggaan daerah,”jelasnya.

“Persoalan pembinaan ini menjadi salah satu agenda penting untuk kita bahas dalam RAT. Pokoknya semua kita bahas habis saat RAT nanti,” sambung mantan Bupati Konawe dua periode tersebut.

Lukman menambahkan, cabor-cabor unggulan daerah akan menjadi prioritas dalam pelaksanaan program pembinaan. Kendati demikian, pihaknya tidak mengesampingkan cabor lain yang memiliki potensi untuk berprestasi. “Semua harus dilakukan secara terpadu untuk seluruh cabor,” ujarnya.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra ini menambahkan, dalam RAT nanti pihaknya juga akan membahas program internal KONI. Seperti penertiban aset agar tidak ada pengadaan yang berulang-ulang  khususnya peralatan yang masuk dalam kategori tidak habis pakai. Termasuk soal susunan pengurus induk olahraga. “Apakah pengurus yang ada sudah oke atau harus dirampingkan itu akan kita putuskan nanti. Kami juga akan mendiskusikan agar ada sinkronisasi program kerja antara KONI kabupaten dan kota dengan induk olahraga,” tutupnya. (myu/imn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top