Ribuan Warga Bombana Antri e-KTP – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Bombana

Ribuan Warga Bombana Antri e-KTP

KENDARIPOS.CO.ID RUMBIA- Blanko e-KTP kini menjadi barang langka di semua daerah. Di Bombana juga begitu. Kedatangan blanko dari pemerintah pusat masih dinanti-nanti. Padahal, sudah ada 2.855 warga yang melakukan perekaman namun belum mendapatkan e-KTP. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bombana, Siswadi Alie Hasan melalui Kepala Seksi Identitas Penduduk, Hermayanti mengatakan, kekosongan blanko terjadi sejak akhir September 2016 lalu. Akibatnya, warga yang sudah melakukan perekaman hanya mendapatkan surat keterangan (Suket).

Meski terjadi kekosongan blanko, warga Bombana yang melakukan perekaman terus berdatangan. Menurut Hermayanti, khusus 2016 lalu tercatat 1.317 Suket yang sudah dikeluarkan. Sementara ditahun 2017 ini, sudah ada 1.538 Suket diterbitkan. Sehingga total Suket yang beredar hingga Selasa (14/3) sebanyak 2.855. Mantan Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kelurahan Kasipute, Kecamatan Rumbia ini mengungkapkan, ribuan Suket yang diterbitkan itu, semuanya telah melakukan perekaman e-KTP.

BACA JUGA :  Tidak Usah Melakukan Perpanjangan, Semua E-KTP Berlaku Seumur Hidup

Banyaknya Suket yang dikeluarkan disebabkan karena berbagai hal, mulai adanya perubahan data di KTP yang sudah dimiliki sebelumnya, serta ada yang KTP elektroniknya hilang, hingga dilakukan pencetakan ulang. “Setiap Suket yang dikeluarkan ada keterangannya. Dan syaratnya telah melakukan perekaman,” kata Hermayanti, kemarin.

Ia mengaku, Suket yang dikeluarkan Disdukcapil memiliki batas waktu. Khusus yang dikeluarkan tahun 2016 lalu, diberi jangka waktu hingga enam bulan. Sementara Suket yang diterbitkan 2017 ini, juga hanya berlaku enam bulan. Pembatasan waktu berlakunya Suket itu, disesuaikan dengan waktu yang dijanjikan Kementerian Dalam Negeri untuk menyuplai blanko e-KTP di Bombana. Menurut wanita berhijab ini, Maret tahun ini sejatinya blangko sudah siap disuplai, namun karena terjadi gagal lelang di Kementerian Dalam Negeri, menyebabkan pendistribusian tertunda.

BACA JUGA :  Kesaksian Nazaruddin Soal Korupsi e-KTP Diduga Tutupi Pihak Lain, Novanto?

“Insya Allah Juni, sudah ada. Karena tender blangko e-KTP akan dilakukan Maret ini,” sambungnya. Namun begitu, warga yang belum memegang e-KTP tidak perlu cemas dan khawatir dengan kekosongan tersebut, karena Suket yang dipegang, memiliki fungsi yang sama dengan KTP elektronik. Bedanya hanya fisik, sementara format dari kementerian dan dicetak dari aplikasi SIAK serta memiliki barkode. (b/nur)

BACA JUGA :  PWI Anggap Larangan Siaran Langsung Sidang Korupsi e-KTP Renggut Kemerdekaan Pers

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top