Kapolri : Paslon Kalah Jangan Anarkis – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

Kapolri : Paslon Kalah Jangan Anarkis

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Kepala Polisi RI (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian sudah mendengar laporan soal adanya gangguan keamanan pascapilkada di Buton Selatan dan Kota Kendari. Tapi secara umum, Tribrata 1 itu
menilai kondisi Bumi Anoa masih aman dan kondusif, meski kadang-kadang meledak. Satu hal yang ia minta, kalau ada pasangan calon yang kalah, jangan ajak pendukungnya anarkis, tapi protes lewat jalur hukum.

TITO KARNIVOR

“Secara umum, Sultra itu sih aman-aman. Tapi kadang-kadang saja meledak, seperti yang terjadi baru-baru ini di Buton Selatan dan Kota Kendari,” Kapolri Jenderal Tito Karnavian kemarin di Mapolda Sultra usai memberikan pengarahan kepada para perwira tinggi Mabes Polri dan Polda Sultra. Tito menegaskan, secara umum kondisi di 101 daerah yang menggelar Pilkada serentak tahun ini cukup kondusif.

Soal Pilkada di Sultra, Tito menegaskan agar pasangan calon yang kalah agar menerima hasil proses demokrasi itu. Jangan karena tidak menerima kekalahan, lalu melakukan hal-hal yang bersifat anarkis. “Kalau tidak terima kekalahan gunakanlah cara-cara yang sesuai dengan koridor hukum Misalkan mengajukan gugatan,”pintanya

Di Sultra sendiri, Tito meminta agar jajaran Polda selalu menyiapkan pengamanan. Posisi Polres harus selalu siap melakukan pengamanan. Menurut Tito dinamika selama Pilkada memang ada, namun tidak terlalu signifikan. Dia meminta agar di Sultra, bagi Pasangan calon maupun pendukung yang kalah agar jangan bercerai-berai. “Tidak perlu anarkis. Karena kalau anarkis, ada sanksi hukumnya. Aparat kami bisa menindak,” ujarnya.

foto kapolriii

Kemarin, pesawat yang ditumpangi rombongan Tri Brata 1 itu mendarat di Bandara Haluoleo Kendari, sekira pukul 11.45 Wita. Agendanya kunjungan kerja di Mapolda Sultra. Begitu mendarat, pengganti Badrodin Haiti bersama rombongan langsung disambut Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto bersama seluruh pejabat utama Polda Sultra lainnya.

Beberapa menit di ruang VIP Bandara, Tito bergerak ke Polda Sultra. Begitu tiba, pria kelahiran Palembang ini disambut tarian khas Sultra, yakni tarian Lariangi yang dipentaskan Polwan Polda Sultra. Ia lalu menyalami satu persatu anak buahnya yang berjejer menyambutnya.

kaplriiiii

Usai seremoni penyambutan, Kapolri langsung menuju ruang rapat utama guna memberikan pengarahan di jajaran Polda terkait tugas-tugas Polri, yang diikuti para pejabat utama Polda Sultra dari beberapa satuan seperti Brimobda, Polair termasuk Kapolres Kendari. Selain memberi pengarahan, Kapolri juga mendengarkan paparan hasil kerja jajaran Polda Sultra selama ini. Termasuk soal pengamanan Pilkada.

Ditemui usai member pengarahan, Tito menyampaikan bahwa kunker dia di Polda Sultra yakni untuk melihat kondisi personil kepolisian di Sultra. Salah satunya mendengarkan keluhan soal kebutuhan yang masih kurang di Polda Sultra. Misalkan Mako Polair, masalah Polres yang masih merangkap dan masalah personil.

Menurut dia, apa yang menjadi kekuarangan dalam sarana di lingkup personil maka akan di bantu, melalui Mabes Polri. “Jadi masih ada Polres yang masih merangkap. Insyah Allah kami bantu. Nanti saya usulkan ke Mabes ,”kata Tito

Tadi malam, Tito dan rombongan melewati malam di Kendari. Pagi ini, bertolak ke Ambon, Maluku untuk mendampingi Presiden Jokowi yang dijadwalkan berkunjung ke provinsi itu, hari ini. (ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top