Menhub Janji Flight Bali-Wakatobi Mulai April 2017 – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Wakatobi

Menhub Janji Flight Bali-Wakatobi Mulai April 2017

Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau pelabuhan Wanci di Wakatobi, Sabtu ((18/2).

Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau pelabuhan Wanci di Wakatobi, Sabtu ((18/2).

KENDARIPOS.CO.ID,KENDARIMasa depan pariwisata di Wakatobi akan cemerlang. Penerbangan dari Bali ke Wakatobi segera dibuka. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berjanji akan membuka jalur penerbangan (flight) tersebut pada bulan April mendatang. Maskapai Garuda Indonesia akan melayani rute dua destinasi wisata andalan Indonesia itu.

Hal itu disampaikan Budi Karya Sumadi saat lawatan perdananya ke Wakatobi, Sabtu (18/2). Pengganti Ignasius Jonan itu ke Wakatobi menggunakan pesawat Jet Hawker 900 XP PK-CAR dan mendarat sekitar pukul 12.38 Wita. Dia mengungkapkan, kunjungan kerjanya tersebut sengaja membawa rombongan termasuk Direktur Komersial Garuda Indonesia, Dirjen Perhubungan Laut, Sesdirjen Perhubungan Darat, Plt. Kepala Biro KIP serta Dirut ASDP. Upaya ini dilakukan guna menindaklanjuti kerjasama antara maskapai Garuda dan Pemda Wakatobi yang hingga saat ini belum terlaksana. “Paling tidak kita buat koneksi antara Wakatobi-Bali. Solusinya, kita sengaja mengundang Direktur Komersial Garuda, pak Toni. Sepertinya sudah deal antara Pemda Wakatobi dan maskpai Garuda. Kemungkinan April ini sudah bisa,” ungkap Budi Karya Sumadi.

BACA JUGA :  Pemprov Sultra Siapkan Sistem Transportasi Massal Berbasis Jalan

Jika program tersebut terealisasi, Budi Karya berkomitmen akan segera menyelesaikan pembangunan Bandara di Toraja dalam kurun waktu enam bulan lagi. “Tentu dengan Kapasitas ATR. Artinya, ini akan terjadi penerbangan yang sangat menarik. Dari Bali ( wisata kultur) menuju Wakatobi (wisata alam) menuju Toraja (wisata magic)”, jelasnya.

Setelah pertemuan antara pihak maskapai Garuda dan Pemda Wakatobi, kata dia, diharapkan segera terlaksana dan secepatnya meramu jadwal penerbangan. “Apakah dua kali atau tiga kali dalam semiggu, nanti kita lihat kedepannya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Menhub Berkunjung, Gubernur Ingatkan Janji Pembenahan Bandara Haluoleo

Bupati Wakatobi, H. Arhawi sangat mengapresiasi program tersebut. Bahkan, Arhawi bertekad akan memberikan subsidi untuk penerbangan yang dimaksud. Apalagi sudah ada penekanan dari Menhub bahwa bukan hanya menyambung Bali-Wakatobi, tapi Bali-Wakatobi-Toraja. “Sebetulnya untuk subsidi penerabangan ini sudah pernah terealisasi pada era pemerintahan sebelumnya, Hugua-Arhawi (2011-2016). Kebetulan saya masih wakil. Dan saat ini akan kita tindaklanjuti. Kemarin ada sedikit kendala dengan melanjutkan apa yang telah kita bangun, tetapi dengan hadirnya Menhub ini bisa menjadi penyemangat bagi kami. Sesegera mungkin kita akan realisasikan dengan pihak Maskapai Garuda Indonesia,” beber Arhawi,

BACA JUGA :  Rp 100 M untuk Benahi Bandara Haluoleo

Untuk kepastian budget, Arhawi belum bisa berbicara banyak mengingat sebelum pembahasan lebih lanjut perlu ada negosiasi dengan pihak maskapai tersebut. “Semuanya perlu pembicaraan dengan pihak Garuda mulai dari anggaran hingga jadwal Garuda ke Wakatobi. Dan kita harapkan dalam waktu dekat bisa terlaksana,” ungkap mantan Wakil Bupati Wakatobi ini. (THY)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top