Strict Standards: Redefining already defined constructor for class Popular_Posts_Tabbed_Widget_Jetpack in /home/kendaripos/public_html/wp-content/plugins/popular-posts-tab-widget-for-jetpack/popular-posts-tab-widget-for-jetpack.php on line 61
Kemenangan ADP-Sul Tinggal Ketuk Palu KPU – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Politik

Kemenangan ADP-Sul Tinggal Ketuk Palu KPU

Pasangan ADP-Sul saat kampanya yang dihadiri ribuan massa pendukungnya

Pasangan ADP-Sul saat kampanya yang dihadiri ribuan massa pendukungnya

kendaripos.fajar.co.id,KENDARISuara yang diraih pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kendari, Adriatma Dwi Putra dan Sulkarnain (ADP-Sul) sudah sulit berubah dari yang sudah dipublikasi lebih awal. Kemenangan pasangan ini tinggal menunggu ditetapkan KPU di hari pleno, 24 Februari nanti. Hasil hitung internal pasangan ini, plus real count Fisip UHO ternyata tak berselisih jauh dari tabulasi data berbasis C1 di website KPU.

Lewat hasil hitung KPU berbasis data C1, yang sudah mencapai 100 persen dari 520 TPS di Kota Kendari, dan bisa dikutip dari laman kpu.go.id, pasangan ADP-Sul mengumpulkan total suara sebesar 62.025 suara atau persis tepat 41,00 persen. Sedangkan rival terdekatnya, pasangan Rasak-Haris hanya meraup suara 55.769 atau 36,86 persen. Sementara pasangan nomor urut 3, Zayat-Syahriah tertinggal jauh yakni 33.504 suara atau hanya 22,14 persen.

Menanggapi hal ini, Ketua DPW PKS Sultra, Sulkhoni menyatakan bahwa hitungan KPU yang berbasis scan 1 membuktikan bahwa apa yang sebelumnya mereka umumkan beberapa jam setelah Pilwali digelar, 15 Februari lalu, bukan sesuatu yang mengada-ada. “Hitungan kami model real count itu, adalah metode yang sama saat kami menghitung kemenangan pasangan Asrun-Musaddar di Pilwali 2012 lalu,” kata Sulkhoni, tadi malam.

Menurut dia, real count tersebu tersebut adalah inisiatif dan dikoordinir oleh PKS. Mekanismenya, kader disebar disemua TPS melalui form C1-KWK. Sehingga, hasilnya adalah bisa dipertanggungjawabkan. Jika kiranya ada error maka itu tidak sampai satu persen. Apalagi form C1-KWK itu juga adalah yang telah disaksikan bahkan ditandatangai oleh KPPS, pengawas TPS, dan disaksikan oleh sakti paslon satu dan tiga serta saksi ADP-Sul sendiri.

Ketua Tim Pemenangan ADP-Sul, Syamsuddin Rahim mengungkapkan hasil usaha membuahkan hasil yang sangat manis. Hasil real count didua lembaga lainnya pun terbukti benar. Olehnya, sementara ini, kata dia, jadwal pleno yang telah ditetapkan oleh KPU yakni mulai hari ini Kamis (16/2) sampai Rabu (22/2) adalah pleno di kecamatan. Momnet itu, tim relawan tetap mengawal pleno tersebut. “Kita melalui tim relawan tetap mengawal pleno mulai dari PPK dikecamatan sampai KPU nantinya. Bahkan sistem 24 jam bergantiaan menjaga TPS di kecamatan bersama PPK, pengawas TPS dan kepolisian. Hal itu untuk memastikan tidak ada oknum yang memanfaatkan waktu itu,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, kemenangan tersebut adalah buah kerja keras tim relawan. Maka, besar juang mereka untuk memenangkan ADP-Sul. Olehnya, ia berterimakasih atas kinerja yang tak kenal lelah untuk bersosialisasi dan mengkampanyekan ADP-Sul. Selain itu juga, ia berharap semua elemen dapat menerima dengan senanghati. Sehingga, jangan ada lagi ketidaksukaan dengan ADP-Sul.
Sementara itu, Koordinator Divisi Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Kendari, Zainal Abidin mengatakan bahwa hasil real count yang ada dalam situs resmi KPU RI adalah kewajiban dari KPU RI yang meminta setiap daerah untuk mengupload C1-KWK. Namun, hasil tersebut bukan berarti menjustifikasi bahwa paslon tersebut menang.

Sebab, yang resmi adalah ketika KPU Kota Kendari melakukan pleno seusai PPK di kecamatan melakukan pleno terlebih dahulu. “Dalam laman website pilkada2017.kpu.go.id itu juga sudah dijelaskan bahwa hasil pilkada pada menu HASIL hanya data pembanding, sebab hasil resmi tetap menunggu rekapitulasi KPU Kota Kendari melalui rapat pleno dan ditandatangani serta disahkan oleh semua pihak,” jelasnya.

Dijelaskannya, hasil sementara pemungutan suara Pilkada 2017 yang telah dilaksanakan serentak pada hari Rabu, (15/2) itu diakses melalui SITaP pada menu “Hasil”. Data pada menu tersebut diambil dari Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pilkada 2017 yang digunakan oleh KPU sebagai sarana untuk menyampaikan informasi yang cepat kepada publik mengenai proses di TPS. Data tersebut masih berupa data sementara untuk pembanding, sedangkan hasil resmi sebagai dasar untuk menetapkan pasangan calon terpilih di setiap daerah tetap menggunakan hasil rekapitulasi manual dan berjenjang sesuai amanah Undang-Undang. (marwan)

1 Comment

1 Comment

  1. Jabir

    20 Feb 17 11:22 at 11:22

    Kekuatan politik daratan kepulauan akan terus berjalan seiring dengan kepentingan masing – masing tokoh politik, jika Rusda – Safei, Lukman – Hugua, Asrun – Ridwan Zakariah, maka kita akan tunggu siapa pasangan Ridwan BAE dalam pilkada Gubernur Sultra 2018…pasti akan lebih seruh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top